Air Terjun Moramo yang Indah

Air Terjun Moramo Sulawesi Tenggara – Air Terjun ini berada di Desa Sumberasih, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Propinsi Sulawesi Tenggara. Aliran air terjun ini berbeda dan cenderung unik daripada air terjun pada umumnya. Air terjun ini mempunyai aliran yang bertingkat-tingkat sampai mencapai 100 meter ketinggiannya. Air terjun Moramo ini mempunyai 7 undakan besar dan puluhan undakan kecil yang sangat indah dilihat mata.
1
Panorama batu-batu marmer besar dan pohon-pohon lebat yang tumbuh disekitar air terjun menambah suasana asri dan indahnya air terjun Moramo ini. Disini kita bisa bermain-main air diatas undak-undakan air terjun tanpa takut terpeleset karena batu-batu ini tidak licin sambil ditemani kupu-kupu cantik dan beberapa spesies burung yang hidup di air terjun yang berada di kawasan hutan suaka alam Tanjung Peropa ini.
2
Pada awalnya Air Terjun Moramo ini ditemukan secara tidak disengaja alias kebetulan. Adalah seorang transmigran asal pulau Jawa yang menemukan air terjun ini saat membabat hutan dalam perburuannya menangkap seekor anoa. Peristiwa itu terjadi sekitar tahun 1980-1982.

Untuk yang memiliki hobi fotografi, Air Terjun Moramo merupakan objek pemotretan yang sempurna. Pantulan kehijauan dari aliran air yang turun beraturan di tujuh tingkatnya lalu mengalir ke puluhan tingkatan-tingkatan besar maupun kecil di sepanjang aliran, sungguh menciptakan komposisi yang selalu menarik dan indah dari sudut manapun.

Untuk mengakses lokasi air terjun ini cukup mudah. Dengan menggunakan mobil pribadi atau sewaan, dari Kota Kendari, ibukota Sulawesi Tenggara ke Desa Sumberasih membutuhkan waktu 2,5 jam dengan jarak tempuh sejauh 65 kilometer. Sampai di pintu masuk suaka alam Tanjung Peropa ini, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer selama 30 menit. Di sepanjang jalan pengunjung akan melewati sebuah anak tangga dan jembatan kayu yang cukup tua.

Bila Anda start dari luar kota Kendari, ambillah pesawat menuju Bandara Haluoleo di Kendari setelah itu anda dapat mencarter mobil untuk menuju ke lokasi air terjun dengan tarif Rp 350.000 – Rp 450.000, tergantung kemampuan Anda bernegosiasi.