Ale-Ale Kalimantan Barat (Sensasi Kepedasan Yang WOW)

Yang  saya mimpikan dari mulai keliling Indonesia yaitu coba makanan khas daerah pada tiap-tiap tempat yang saya datangi, lha lantaran saat ini saya ada di Pontianak, waktunya coba makanan (yang tuturnya) khas Kalimantan Barat. Sebagian lama tinggal di sini, kami (saya serta suami) temukan satu franchise makanan khas Kalimantan Barat bernama Pondok Ale-Ale. Di Kota Pontianak, setahu saya ada 2 cabang rumah makan Pondok Ale-Ale. Satu ada di Ayani Mega Mall Jalan Ahmad Yani, satunya lagi ada di Jalan Putri Candramidi (Jalan Syarif Abdurrahman belok di depan Mitra Mart).
Rumah makan ini memprioritaskan rencana makanan khas Kalimantan Barat (bumbu serta bahan) dengan situasi tradisional yang nyaman. Ada tempat makan lesehan serta meja-kursi. Sebagai signature dishes-nya yaitu beragam jenis olahan Ale-Ale (sejenis kerang, yang tuturnya khas Kalimantan Barat) dengan bumbu-bumbu yang kelihatannya juga khas Kalimantan Barat. Tak hanya Ale-Ale, rumah makan ini dapat sediakan hidangan ikan, udang, cumi, kepiting, kepiting soka (kepiting yang cangkangnya lunak, bukan hanya lantaran dipresto, namun kepiting ini dipanen waktu si kepiting tetap bercangkang lunak), nasi goreng beragam gabungan, serta paket murah ayam. Untuk minuman, terdapat banyak pilihan yang belum sempat saya temui pada mulanya dirumah makan lain seperti : Es Borneo serta Es Juice Kayong (apakah itu ya?) tak hanya juga semua jenis minuman standard lain.

Ale-Ale

ale

Saya telah 3 kali ke rumah makan ini.
Bila ada makanan dengan Ale-Ale mercon, umumnya kan makanannya pedas, namun menurut pengalaman saya, semercon apa pun makanannya umumnya saya tetap tahan, jadi saya yang tengah mau makan pedas mengambil keputusan untuk pesan hidangan ini. Sesudah hidangan ada di depan saya, walah dalah, masakannya pedesnya minta ampun, tidak tertahankan, jadi pada akhirnya kami cuma mengambil ale-alenya saja serta meninggalkan kuahnya yang sesungguhnya enak, namun tidak dapat kami memakannya. Hehehe…

ale-ale

Kali selanjutnya saya ke rumah makan ini, kami coba cabang yang di Putri Candramidi. Kami pesan Ale-Ale daging Borneo Kailan, serta Kepiting Soka Borneo Chili. Ale-alenya enak, lebih enak dari yang tumis mercon.