Asyiknya Body Rafting di Sungai Citumang

Sungai CitumangJawa Barat – Selain Green Canyon, ternyata Jawa Barat memiliki satu lagi tempat menarik untuk body rafting. Sungai alami yang juga memiliki pemandangan indah ini biasa disebut dengan nama Sungai Citumang. Sungai yang tenang ini terdapat di Desa Bojong, Kabupaten Ciamis, sekitar 15 km sebelah barat Pangandaran. Nama Citumang berasal dari cerita penduduk setempat yang percaya bahwa ada buaya yang kakinya patah tinggal di sungai ini. Nama buaya tersebut Si Tumang, maka sungai ini diberi nama Citumang.
9
Sungai Citumang memiliki beberapa air terjun yang cantik. Air terjun tersebut tidak terlalu tinggi, rata-rata hanya sekitar 3 meter. Walaupun begitu, pemandangan indah sungguh tak bisa terelakkan di sini. Cara asyik menikmatinya adalah dengan melompat dari atas air terjun tersebut.
10
Sungai Citumang memiliki debit air yang cukup deras. Saking derasnya, arus air akan membawa tubuh Anda untuk menyusuri sungai. Di tengah-tengah perjalanan menyusuri sungai, Anda dapat menyaksikan pemandangan alam yang sulit untuk ditemukan di tempat lain, yaitu terdapat. Air mengalir ke dalam goa tersebut.

Sambil menyaksikan pemandangannya, Anda bisa beristirahat sejenak sebelum kembali menyusuri Sungai Citumang. Anda bisa bersantai sejenak menikmati embusan angin yang sejuk. Belum lagi gemericik air dari mulut goa yang berkolaborasi apik dengan suara dedaunan yang tertiup angin.

Puas beristirahat, Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan. Bermodalkan pelampung dan helm, Anda sudah bisa menyusuri Sungai Citumang. Di sini sungai masih mengalirkan air yang tenang. Sepanjang sungai juga terdapat ranting-ranting pohon yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk melompat. Ya, bagi penyuka tantangan, Anda harus mencoba sensasi terjun bebas dari ranting setinggi kurang lebih 5 meter.

Pada sisi yang lainnya, Anda dapat menemukan sungai dengan lebar yang lebih sempit dengan dinding setinggi 1,5 meter. Tempat inilah yang menjadi bagian paling menyenangkan saat body rafting di Sungai Citumang. Bagian sungai yang sempit akan membuat arus yang lebih besar. Jadi, Anda tidak perlu susah-susah mendayung.