Ayam dan Bebek Betutu

Ayam Betutu Bali – Ayam atau Bebek Betutu merupakan masakan kegemaran orang Bali yang bisa ditemukan dijual di Pasar Senggol atau Pasar Malam Gianyar karena memang adalah masakan khas daerah Gianyar. Di berbagai restoran menu ini sangat diminati meskipun beberapa mensyaratkan pemesanan satu hari sebelumnya mengingat proses pembuatan yang memakan waktu lama. Kini Bebek Betutu banyak disajikan dengan bumbu pedas, orang yang memelopori inovasi pembuatan ayam betutu dengan bumbu pedas sehingga menjadi demikian populer sehingga menjadi semacam legenda adalah Men Tempeh atau Ni Wayan Tempeh yang berasal dari Abianbase, Kota Gianyar, dengan suaminya I Nyoman Suratna yang berasal dari Bangli.

ayam_betutu

Men Tempeh dengan suaminya mulai berjualan Ayam Betutu sejak tahun 1976 di Terminal Lama Gilimanuk. Ketika Men Tempeh telah meninggal, usahanya diteruskan oleh anak-anaknya. Sedangkan para mantan karyawannya pun kemudian membuka warung makan ayam betutu lengkap dengan tulisan “Men Tempeh Asli” pula. Namun warung makan Ayam Betutu Men Tempeh yang benar-benar asli hanyalah yang ada di sebelah timur terminal lama Gilimanuk (dekat pelabuhan) dengan ciri khusus adanya beberapa anak tangga sampai di warungnya. Pada papan namanya tertulis “Ayam Betutu Men Tempeh Asli” dan ada tambahan tulisan “tidak buka cabang.” Jangan lupa mampir sejenak bila datang ke Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk untuk mencicipi hidangan yang benar-benar tak terlupakan nikmatnya (dan pedasnya) ini! Banyak pemburu kuliner asal Denpasar yang rela menempuh perjalanan tiga jam dengan mobil ke Gilimanuk hanya untuk merasakan kelezatan (dan pedasnya!) masakan Men Tempeh ini.

Selain di Gilimanuk,  warung makan yang menyediakan menu ayam betutu a la Men Tempeh yang ada di daerah sekitar Denpasar dan Kuta adalah Warung Makan Ayam Betutu Gilimanuk, yang dikelola oleh Anak Agung Oka Suci, yang pada mulanya membeli seluruh ayam betutu yang dijual di warung makannya dari Men Tempeh di Gilimanuk, namun kemudian membuatnya sendiri. Ayam Betutu juga banyak dijual di Pasar Malam Gianyar, jadi bila anda kebetulan berada di sekitar Gianyar, tidak ada salahnya mencicipi salah satu masakan khas Bali ini di sana. Bila anda penyuka rasa pedas, cobalah Ayam Betutu Men Tempah di Gilimanuk, Anda tidak akan kecewa.