Ayam Taliwang (Olahan Ayam Khas Dari NTB)

Kenapa dimaksud Ayam Taliwang? Itu lantaran masakan ayam berbumbu ini datang dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kampung ini berpenduduk 3. 309 jiwa atau 729 keluarga. Ada narasi, bumbu ayam dulu saat ditemukan oleh H Murad (alrmarhum) serta istrinya, Salmah dari Karang Taliwang, namun waktunya tak bisa dirunut lagi.
Menurut saya, Lombok tak kalah dengan Bali, seluruhnya ada di sini. Di Lombok kita dapat nikmati pantai Senggigi, bukit Malimbu, desa Sade, desa Sukarara, desa Banyumelek, Gili serta lain lain. Bukan hanya itu, kuliner di Lombok sendiri tak kalah menarik. Liburan ke Lombok tiada mencicipi Ayam Taliwang terasa ada yang kurang. Namanya sendiri di ambil dari satu diantara desa di Lombok yakni desa Taliwang tempat aslinya.

Ayam Taliwang

ayam_taliwang_1

Ayam Taliwang

 

Bumbu-bumbu Ayam Taliwang memanglah tidak sama dibanding dengan ayam bakar biasanya. Ayam yang dipakai yaitu ayam kampung yang berbadan lebih kecil serta rasa daging yang lebih lezat. Satu ekor ayam telah cukup untuk isi perut yang kelaparan.Janganlah lupa pesan juga terong bakar, untuk menaikkan selera. Umumnya satu set ayam dilengkapi dengan sambal terasi yang lezatnya luaaaar umum. Keringat juga bercucuran tiada henti lantaran rasa sensasi pedas dari bumbu aya

Ayam Taliwang pedas

Cobalah juga beberok, sambal bawang khas Lombok. Sambal bawang ini memiliki kandungan terong hijau untuk lalapan, kacang panjang, bawang merah, cabai, jeruk limau, tomat merah serta pastinya terasi.

Ayam Taliwang Nusa tenggara barat Ayam taliwang di bali

BAHAN Ayam Taliwang :

– 1 ekor ayam kampung, ukuran kecil
– 4 sdm minyak goreng
Haluskan :
– 10 butir bawang merah
– 7 siung bawang putih
– 10 buah cabai merah keriting
– 1 ½ dt terasi, baker
– 2 buah tomat
– 4 cm kencur
– 2 sdt garam
– 2 sdm irisan gula merah
– 2 buah jeruk limau, ambillah airnya

taliwang

Ayam Taliwang khas

CARA MEMBUAT :

iris ayam dari sisi tengah dada kearah leher. balikkan, serta tekan punggungnya hingga tubuh ayam terbuka, sisihkan.
tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum serta masak, imbuhkan gula merah, aduk rata, angkat. beri air jeruk limau, aduk rata.
lumuri ayam dengan bumbu hingga rata. Tusuk-tusuk tubuh ayam dengan garpu. Diamkan sepanjang satu jam agar bumbu meresap.
bakar/panggang ayam di atas bara arang sembari sesekali di balik serta diolesi dengan bekas bumbu. Panggang hingga ayam berwarna kecokelatan, angkat. Hidangkan dengan bekas bumbunya.