Bangka Belitung (Pulau Penghasil Timah Terbesar Di Indonesia)

Pulau Bangka Belitung merupakan suatu propinsi yang namanya di ambil dari dua kepulauan yakni Bangka serta Belitung yang sudah lama di kenal untuk penghasil timah paling besar di Indonesia serta mempunyai pesona alam pantai yang mempesona. Tak hanya dua pulau besar juga ada pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok, Pulau Mendanau serta Pulau Selat Nasik, keseluruhan pulau yang sudah bernama sejumlah 470 buah serta yang berpenghuni cuma 50 pulau.

belitung292

asal usul pulau bangka belitung

Kepulauan Bangka Belitung mempunyai Iklim tropis yang di pengaruhi angin musim yang alami bln. basah sepanjang tujuh bln. selama th. serta bln. kering sepanjang lima bln. terus-menerus.
cerita asal usul pulau bangka belitung pulau bangka belitung di hubungkan selat
Pulau Bangka terdapat di samping pesisir timur Sumatera sisi Selatan yakni 1°20’-3°7 Lintang Selatan serta 105° – 107° Bujur Timur memanjang dari Barat Laut ke Tenggara selama lebih kurang 180 km. Pulau ini terbagi dalam rawa-rawa, daratan rendah, bukit-bukit serta puncak bukit ada rimba lebat, sedang di daerah rawa ada rimba bakau. Rawa daratan pulau Bangka tak demikian tidak sama dengan rawa di pulau Sumatera, sedang kelebihan pantainya dibanding dengan daerah lain yaitu pantainya yang landai berpasir putih dengan dihiasi hamparan batu granit. Bangka Belitung tawarkan Anda wisata bahari seperti menyelam, snorkeling, memancing serta berlayar.

pulau bangka belitung dihubungkan oleh selat Pulau Bangka Belitung

Transportasi

Ada penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta atau Anda bisa berkunjung ke Bangka Belitung dengan kapal laut dari Palembang.

Orang-orang serta Budaya

20% masyarakat Bangka Belitung yaitu keturunan Cina. Sebagian besar warga keturunan Cina disini adalah keturunan segera dari buruh yang bekerja di tambang timah. Kelenteng tertua ada di Batu Rusa, suatu desa di selama jalan dari Pangkal Pinang ke Sungai Simak. Kelenteng yang didekorasi indah bisa ditemukan dekat Tayu di samping Utara Pulau Bangka. Ada seputar 55 kelenteng Cina-Budha di Bangka sendiri yang hingga saat ini tetap dipakai untuk tempat beribadah.

pulau bangka dan belitung dihubungkan dengan selat apa pulau bangka dan belitung dihubungkan oleh

Kuliner

Sepanjang Anda disini coba wisata kuliner dengan mencicipi makanan gebung, sebutan lokal khas untuk ikan ayam yang dagingnya yang lembut serta lezat. Lantaran jaraknya yang dekat dengan laut, seafood jadi makanan favorite disini.

pulau bangka dan belitung saling dihubungkan oleh selat pulau bangka dan belitung terkenal dengan hasil tambang

Dampak budaya Cina dapat juga Anda tengok dari makanan yang beberapa besar memakai bumbu-bumbu khas Cina.