Belanja DI Pasar Klewer (Surakarta)

Pasar Klewer.

Menurut narasi, masa penjajahan dahulu Pasar Klewer berperan sebagai tempat pemberhentian kereta. Orang-orang juga memakainya sebagai tempat untuk menjual beragam jenis product pada beberapa penumpang sampai pada akhirnya populer dengan nama Pasar Slompretan. Kata slompretan datang dari slompret (terompet) lantaran nada kereta yang akan berangkat mirip dengan nada terompet ditiup. Pasar Slompretan ini dapat dijejali dengan pedagang kecil yang menjual tekstil terutama batik. Beberapa pedagang ini menjual batiknya dengan cara dipanggul di pundak, hingga batiknya tampak berkleweran atau berjuntaian. Bersamaan dengan perjalanannya, pasar ini lalu lebih populer dengan nama Pasar Klewer.

Pada tahun 1970an, pasar ini di bangun jadi suatu bangunan permanen berlantai dua yang cukup luas. Konsumen akan lebih leluasa berbelanja karena pasar dengan lebih dari dua ribu unit kios ini mempunyai tangga-tangga yang cukup luas hingga tak ada kesan berdesak-desakan.
Pusat Grosir Batik serta Tekstil Murah
Sejumlah calon pembeli melihat-lihat sejumlah baju batik yang dijual di pasar Klewer, Solo, Jateng, Sabtu (26/12).
Menyusuri lorong-lorong yang cukup lebar dari satu blok ke blok yang lain, bermacam type baju memiliki bahan batik seakan memanggil pengunjung untuk membelinya. Dimulai dari type kebaya, kain, pakaian resmi, sampai kaos batik, daster, blouse cantik serta baju anak-anak. Tidak cuma batik Solo, pasar ini juga mempunyai koleksi batik Banyumas, Pekalongan, Madura, Yogyakarta, dan sebagainya. Anda bisa dengan gampang menemukan batik cap seharga belasan ribu ataupun batik tulis kualitas paling baik dengan harga lebih murah daripada butik-butik terkenal. Kemahiran menawar akan benar-benar membantu memperoleh harga paling baik. Tidak cuma di jual eceran, umumnya kios juga melayani pembelian grosir dengan harga yang tambah lebih murah.

Naik ke lantai dua, Anda akan temukan aneka jenis tekstil, seperti seragam sekolah, kaos, jaket, dasi, kain bahan katun sampai sutra. Uniknya, di pasar klewer ini juga ada banyak orang penjahit yang siap menyulap kain yang barusan Anda beli jadi jenis baju yang Anda kehendaki dalam waktu kurang dari sehari.
j-tengkleng
Capek berbelanja mengelilingi pasar tekstil ini, Anda dapat jalan ke depan maupun samping pasar klewer. Beragam warung makanan siap menjadi tempat melepas capek sekalian mencicipi bermacam makanan khas Solo. Nasi pecel, nasi liwet, tengkleng, timlo, es dawet, es gempol serta beragam jenis makanan serta minuman yang lain siap jadi penawar dahaga Anda.