Belanja Elektronik di Pasar Glodok

Pasar Glodok Jakarta – Berbincang soal belanja, Jakarta adalah salah satu tempat yang cocok dan wajib Anda kunjungi. Mengapa begitu? Jakarta populer sebagai destinasi wisata belanja yang lengkap. Sebut saja Pasar Tanah Abang yang menjadi Pusat Grosir Pakaian, maupun Pasar Mester sebagai pusatnya penjualan souvenir pernikahan. Satu lagi pasar yang wajib Anda kunjungi yaitu Pasar Glodok yang menjadi sentral penjualan aneka barang elektronik baik buatan dalam negeri maupun dari luar negeri.
8
Selain sebagai surganya belanja peralatan elektoronik, Pasar Glodok pun merupakan salah satu bukti sejarah dalam perjalanan terbentuknya Kota Batavia, karena Bangunan Pasar ini sudah ada sejak jaman Belanda. Ternyata sudah lama juga ya! Namun yang paling dikenal dari Pasar Glodok yaitu pasar yang menjual beranekaragam barang elektronik dengan berbagai model dengan harga yang sangat miring. Jadi tidak salah apabila banyak pengunjung baik dari Jakarta maupun dari luar Jakarta memilih Pasar Glodok sebagai tempat untuk membeli barang-barang elektronik.
7
Pasar Glodok ini bisa jadi akan membingungkan sekaligus memudahkan ketika Anda berbelanja disana. Karena apa? Membingungkan disini karena pengunjung harus teliti dan pandai-pandai memilih barang yang hendak dibeli untuk mendapatkan barang yang kualitasnya bagus dengan harga yang miring, sedangkan memudahkan Anda maksudnya bahwa Anda tinggal mencari barang elektronik apa yang hendak dibeli karena di Pasar Glodok menyediakan berbagai macam barang-barang elektronik.

Pasar Glodok ini menyediakan berbagai macam barang elektronik dengan kualitas yang bagus seperti Lemaries (kulkas), televisi, radio, penyejuk ruangan (AC), VCD, DVD, Genset, dan masih banyak lainnya.

Daerah Glodok pada masa penjajahan Belanda terkenal merupakan salah satu daerah pecinan, yaitu salah satu daerah yang mayoritas penduduknya keturunan Tionghoa. Jadi jangan kaget apabila Anda hendak berbelanja ke Pasar Glodok ini, Anda akan sering melihat orang keturunan Cina yang melayani, karena kebanyakan pedagang yang berada di Pasar Glodok mayoritas keturunan Cina.

Muncullah pertanyaan, kenapa seperti itu? Konon, ketika masa pemerintahan Belanda, kolonial itu sengaja mensegregasi antara penduduk pribumi dengan penduduk asing di Indonesia menjadi beberapa lapisan, yakni Pribumi, Timur Asing (seperti Arab, Cina, dll) dan Eropa (seperti Portugis, Belanda, dll).

Bukti dari hal itu pun masih terasa hingga sekarang. Anda lihat saja keindahan arsitektur dan ciri khas dari bangunan Pasar Glodok, hal itu merupakan seni arsitektur khas Cina yang telah dipadukan dengan gaya pribumi. Hal yang menjadi ciri khas dari Pasar Glodok yaitu serba Cina, mayoritas penjual dari keturunan Cina, ditambah bangunannya pun tetap mempertahankan dengan gaya bangunan berarsitektur khas Cina.

Pasar Glodok awalnya adalah tempat berjualan rempah-rempah, kuliner hingga obat-obatan. Barulah pada tahun 80an Pasar Glodok menjadi tempat penjualan barang-barang elektronik dikarenakan banyak para pedagang pendatang yang berjualan barang-barang elektronik. Dari semenjak itulah Pasar Glodok terkenal menjadi Pusat Penjualan Barang-barang elektronik yang beranekaragam dan harganya yang sangat miring.

Peralatan elektronik yang diperjualbelikan di pasar ini rata-rata diimpor dari negara tetangga seperti Singapura, Jepang, Cina, Eropa hingga Amerika. Namun sekarang kebanyakan barang elektronik yang dijual di Pasar Glodok adalah Produk Cina. Alasannya selain harganya yang murah, juga memiliki variasi model yang beranekaragam dan lebih menarik. Selain itu apabila terjadi kerusakan spare part-nya mudah ditemukan.

Barang-barang yang dijual di Pasar Glodok sangat variatif. Namun selama ini, jarang ada pembeli yang merasa dirugikan atau komplain terhadap barang yang dibeli dari Pasar Glodok. Oleh karena itu tiap harinya Pasar Glodok dipenuhi oleh banyak konsumen yang hendak membeli barang-barang elektronik baik itu dari berbagai daerah yang ada di jakarta, luar Jakarta, bahkan luar pulau. Konsumennya pun bervariatif dari mulai remaja, orang tua, bahkan sesama pedagang.

Apabila Anda memiliki rencana liburan ke Jakarta, sempatkan waktu Anda untuk berbelanja ke Pasar ini. Gak jauh ko! Secara Administratif Pasar Glodok masuk dalam Wilayah Provinsi DKI Jakarta tepatnya di Kelurahan Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Lokasi yang strategis membuat Pasar ini setiap harinya ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar Jakarta. Strategis seperti apa? Pasar ini bisa Anda akses dengan mudah dan cepat dengan berbagai macam jenis angkutan umum seperti Angkutan Kota (angkot), kereta, metromini, bajaj, hingga Trans Jakarta. Jadi Anda tidak perlu bingubg, tinggal Anda memilih jenis Alat Transportasi apa yang disukai dan juga bisa memberikan kenyamanan untuk Anda.