Benteng Rotterdam (Museum Bersejarah Kota Makassar)

Benteng rotterdam, Museum bersejarah yang ada di kota Makassar, Sulawesi Selatan ini dinamakan ‘La Galigo’ atas anjuran seseorang seniman, lantaran nama ini benar-benar populer di kelompok orang-orang Sulawesi Selatan. La Galigo yaitu satu diantara putra Sawerigading Opunna Ware, seseorang tokoh masyhur dalam mitologi Bugis, dari perkawinannya dengan WeCudai Daeng Risompa dari Kerajaan Cina Wajo. Sesudah dewasa, La Galigo dinobatkan jadi Pajung Lolo (Raja Muda) di Kerajaan Luwu, pada era ke-14.

cerita benteng rotterdam makassarbenteng rotterdam jaman makassar

‘La Galigo’ juga nama suatu karya sastra classic dalam wujud naskah tercatat bhs Bugis yang populer dengan nama Surek La Galigo, dengan panjang 9.000 halaman, serta La Galigo sendiri dianggap sebagai pengarangnya (studi mengungkap kemungkinan penulisnya yaitu wanita

cerita benteng rotterdam foto benteng rotterdam makassarbangsawan). Isinya memiliki kandungan cerita-cerita, tatanan, serta tuntunan hidup orang Sulawesi Selatan dahulu, seperti system religi, ajaran kosmos, adat-istiadat, wujud, serta tatanan orang-orang/pemerintahan tradisional, perkembangan kerajaan, system ekonomi/perdagangan, situasi geografis, serta momen utama yang sempat berlangsung. Naskah ini umumnya dibacakan dengan cara berlagu pada pendengarnya. Spesial ceritera tokoh Sawerigading, bukan sekedar di kenal di daerah Bugis saja, namun bisa didapati dalam wujud ceritera lisan di Makassar serta Toraja.

mitos benteng rotterdam sejarah berdirinya benteng rotterdam makassar

Panduan

Bila Anda membawa kamera serta punya niat untuk menggunakanya, Anda mesti meminta izin terlebih dulu pada pihak yang bertanggungjawab atas Museum La Galigo. Saat ada didalam museum, Anda dilarang untuk menyentuh tiap-tiap koleksi yang dipajang, bukan hanya tiada argumen, lantaran koleksi-koleksi di museum ini adalah bukti histori yang benar-benar bernilai.

sejarah benteng rotterdam di makassar sejarah benteng rotterdam makassar

 

Alamat :

Fort Rotterdam serta Museum La Galigo
Komplek Benteng Ujung Pandang
Jl. Ujung Pandang No. 1
Makassar
Telp. 0411-321305

Jam Kunjungan :

Setiap hari : 08. 00-15. 30 WITA
Hari Raya Buka

Ticket Masuk Museum :

Di pintu masuk Rotterdam Fort bakal disuruh isi buku tamu serta donasi.
Ticket Museum La Galigo
Dewasa : Rp3. 000, 00
Anak-anak : Rp2. 000, 00