Body Rafting Green Canyon Pangandaran

Indonesia mempunyai sejuta keindahan alam, dimulai dari pantai, sampai puncak gunung, tidak terkecuali keindahan sungai. Satu diantara sungai indah yaitu Green Canyon di Pangandaran. Anda bisa coba body rafting disana.

Bila bicara tentang sungai di Indonesia, nyatanya Indonesia mempunyai sungai nan elok dengan tebing-tebing yang tinggi pada sisi-sisinya, dan rimbunnya pohon-pohon di atas tebing-tebing itu. Semua itu ada di Green Canyon yang ada di Pangandaran.
green canyon
Green Canyon Pangandaran terdapat di Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, yang saat ini baru jadi lokasi pemekaran jadi Kabupaten Pangandaran. Untuk menuju ke Green Canyon, banyak tersedia bus yang menuju ke Pangandaran, misalnya dari Kota Bandung maupun Jakarta. Setelah itu dilanjutkan dengan naik bus kecil tujuan Cimerak dari terminal Pangandaran.

Sesungguhnya nama asli wisata alam ini adalah Cukang Taneuh, atau dalam bhs Indonesia disimpulkan jembatan tanah yang terbentuk alami meghubungkan pada ke-2 sisi tebing diatas sungai. Di bagian bawah jembatan serta sepanjang aliran sungai yang dipakai untuk body rafting dapat ditemui batuan berbentuk stalakmit serta stalaktit. Stalakmit serta stalakmit terbentuk disebabkan pelarutan air dengan batuan kapur secara terus-terusan hingga membuat batu-batu runcing yang meneteskan air di bagian ujungnya.

Air yang menetes dari ujung batu yang runcing datang dari air hujan lalu masuk ke dalam lubang-lubang (doline) yang kemudian turun ke gua serta menetes-netes dari atap gua ke dasar gua. Adapun perbedaan pada stalakmit serta stalaktit adalah, stalakmit adalah batuan yang terbentuk dari bagian lantai ke atas lantaran tetesan air dari atas, sedang stalaktit terbentuk dari sisi atap ke bawah.
IMG_6963
Diluar itu stalakmit tak berlubang, tampak berlapis-lapis dan ujungnya tak meruncing, sedang stalaktit sebaliknya. Disebut Green Canyon dikarenakan tebing-tebing tinggi pada sisi-sisi aliran sungai ini mirip tebing-tebing tinggi pada aliran sungai Grand Canyon sesungguhnya di Amerika Serikat.

Bicara tentang Green Canyon di Pangandaran juga bakal bicara tentang body rafting, yakni nikmati keindahan alam dengan menyusuri sungai Green Canyon. Sungai yang akan disusuri kurang lebih selama 5 km dengan waktu yang diperlukan sekitar 4-5 jam. Jarak yang cukup jauh karena mesti disusuri cuma dengan berenang serta memanjat tebing-tebing di sisi-sisinya untuk menghindari arus yang berbahaya.