Bukit Doa Tomohon di Sulawesi Utara

Bukit Doa Tomohon Sulawesi Utara – Obyek wisata rohani ini dikenal pula dengan nama Bukit Kelong, Jalan Salib Mahawu, Kebun Raya Tomohon, Prayer Hill of Tomohon, dan Mahawu Prayer Hill. Objek wisata alam sekaligus wisata religi di Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara ini menghadirkan pesona keindahan alam yang sangat menawan.

1
Menyusuri jalan Raya Manado-Tomohon, ibarat memanjakan mata dengan pemandangan alam yang mempesona. Jalan mendaki yang berkelok-kelok akan menambah sensasi. Di beberapa titik, Anda akan mendapati panorama Kota Manado dengan latar belakang laut dengan hamparan pulau Bunaken, Manado Tua dan Siladen. Deretan rumah makan yang menyajikan rupa-rupa makanan khas Minahasa, termasuk menu ekstrim bisa dengan mudah dijumpai di sepanjang jalan ini.
Memasuki jalan lingkar Tomohon, nuansa hijau mulai terlihat dengan daerah perbukitan yang masih asri. Hawa sejuk makin terasa. Di samping kiri dan kanan jalan yang menuju Tondano ini, Anda akan melihat hamparan sayuran dan taman bunga milik warga Tomohon. Jalan ini adalah akses untuk menuju objek wisata alam Bukit Doa Tomohon atau yang biasa juga dikenal dengan nama Bukit Doa Kelong.

2
Untuk menuju Bukit Doa Tomohon terdapat dua pintu masuk. Pintu masuk pertama, dengan jalan kaki. Biasanya jalan ini dipergunakan bagi umat Katolik yang akan mengikuti Jalan Salib, prosesi untuk mengenang peristiwa sengsara Yesus Kristus. Di tanah yang berkontur berbukit-bukit ini terdapat perhentian-perhentian. Puncak via dolorosa ini adalah Chapel of Mother Mary. Di lokasi di atas bukit ini juga terdapat The Grotto of Mother Mary, Gua Mahawu dan Amphiteater.
Kaki mungkin akan terasa sakit, badan mungkin akan lelah dan keringat akan mengucur deras saat menanjak Bukit Doa Tomohon. Namun saat tiba di puncak, Anda akan mendapat ganjaran setimpal. Pemandangan alam yang spektakuler. Sambil duduk di atas rerumputan dan membelakangi perbukitan Mahawu, Anda bisa dengan leluasa melihat Gunung Lokon yang menjulang tinggi. Hamparan kebun hijau juga terpapar di mata tanpa halangan. Udara segar dengan pemandangan yang menakjubkan akan membuat tubuh Anda seperti mendapat suntikan energi. Pesona wisata alam ini sulit dicari bandingannya di tempat-tempat lain di Bumi Nyiur Melambai.
Tak heran jika Bukit Doa Tomohon menjadi destinasi wisata alam yang ideal. Anda pasti tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk berpose di halaman belakang Chapel, Caf Moyaporong atau Kelong Garden. Saking indahnya pemandangan di tempat ini, hampir selalu tempat ini dijadikan lokasi pre-wedding. Tak jarang Bukit Doa Tomohon dipakai oleh wisatawan atau pun warga masyarakat untuk acara tour, gathering, outbound, seminar, bird watching. Apalagi Bukit Doa Tomohon ini juga bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat.