Bukit Siguntang di Sumatera Selatan

Bukit Siguntang Sumatera Selatan – Tempat ini menyimpan cerita sejarah zaman Kerajaan Sriwijaya, pemerintahan perwakilan Majapahit dan Kesultanan Palembang Darussalam. Sampai saat ini bukit itu masih dikeramatkan dan diziarahi banyak pengunjung dan wisatawan asing. Kepopuleran tempat ini menyebar hingga ke seluruh Sumatera, Malaysia dan Singapura. Hal tersebut terkait cikal bakal pertumbuhan Kerajaan Melayu dan Palembang juga tempat dimakamkannya beberapa tokoh penting dari masa lalu.

19

Di kaki Bukit Siguntang, Anda dapat menikmati suasana alam dipayungi rindangnya pepohonan seperti asoka, pinus, jarak, kayuagung, cempedak, rukam, kenanga, dan kayumanis. Sore hari bisa jadi waktu yang tepat menikmati pemandangan dan pesona indah Kota Palembang ditemani sinar Matahari terbenam di antara pepohonan rindang.

Bukit Siguntang pula merupakan tempat suci penganut Buddha. Di sini dulunya pernah bermukim sekitar 1.000 pendeta Buddha yang menunjukan tempat tersebut menjadi pusat keagamaan. Sejumlah peninggalan sejarah dapat Anda temukan di kaki bukitnya. Ada arca Buhda Amarawati dan prasasti Bukit Seguntang yang menjadi bukti penting keberadaan Kerajaan Sriwijaya yang berkembang sampai abad ke-14.
Bukit Seguntang pernah menjadi pusat Kerajaan Palembang yang dipimpin Parameswara, yaitu seorang adipati yang berada di bawah Kerajaan Majapahit. Tahun 1511,  Parameswara memisahkan diri dari Majapahit kemudian merantau ke Malaka dan menikah dengan putri penguasa Malaka. Berikutnya Parameswara menjadi penguasa di Malaka dan menurunkan raja-raja Melayu di Malaysia dan Sumatera. Bahkan, Utusan Kerajaan Malaysia setiap tahun ditugaskan untuk mendoakan arwah Radja Sigentar Alam. Tokoh tersebut dikenal juga dengan nama Datuk Iskandar Zulkarnain Syah Alam yaitu adik dari Prameswara atau Datuk Iskandar Syah Alam yang di makamkan di Johor Bahru.

12122

Untuk menuju Bukit Siguntang, Anda bisa menggunakan angkutan kota atau bus kota jurusan Bukit Besar dengan ongkos Rp2.000,- sekali jalan. Berhentilah di Taman Bukit Siguntang dimana lokasinya tidak sulit ditemukan.