Cakalang Fufu (Oleh-Oleh Khas Manado)

Cakalang Fufu adalah satu diantara oleh-oleh khas Manado lantaran adalah satu diantara komoditas perikanan tangkap di perairan Sulawesi Utara yang populer nikmat. Cakalang asap umum dimasak khas Manado dengan bikin makanan yang digoreng campur sambal, dimasak santan, rica, serta dimasak pampis (cakalang suwir).

Cakalang Fufu

fufu

Di Bitung, suatu kota di Sulawesi Utara jadi terdapat beberapa sentra pengasapan ikan yang dikelola orang-orang setempat. Umpamanya saja di kelurahan Girian Atas, kecamatan Girian. Satu unit usaha dapat membuahkan 200 kilogram cakalang fufu tiap-tiap harinya. Kurang lebih 75 % penduduknya membuatnya untuk mata pencarian. Maka tidak salah apabila kampung ini di kenal dengan nama “kampung Cakalang Fufu ”.

Satu saat kami memperoleh kiriman Cakalang Fufu dari kerabat yang tinggal di Manado. Telah lama sekali, saya lupa persisnya berapakah jumlah yang di kirim. Bila tak salah ada 4 ekor. Perlu saat lama menghabiskannya lantaran ukurannya yang besar. Hingga senang saya menikmatinya.

Yang paling nikmat menurut saya yaitu apabila cakalang fufu ini dimasak santan. Maknyos. Rasa khas ikan asap bercampur dengan rasa legit santan serta bumbu-bumbunya. Hmmm, mengingat kembali makanan ini bikin air liur saya terbit.

cakalangfufu_112312

Langkahnya mudah. Buat yang umum masak pasti dapat sesuaikan berapakah ukuran santan yang pas untuk besaran ikan yang di idamkan.

Ini dia bahan-bahannya :

1 ekor cakalang fufu memiliki ukuran agak besar
± 500 ml santan kental
Siapkan santan encer untuk penambahan kuah
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
2 sdm ketumbar (bisa gunakan yang bubuk bila ingin praktis)
2 ruas kunyit (bisa gunakan yang bubuk bila ingin praktis)
2 ruas jari lengkuas dikeprak
2 batang sereh yang dimemarkan
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya agar lebih wangi
Garam secukupnya
Bisa lebih gula bila sukai, bila saya tidak umum memberikan gula dalam masakan bersantan.

Langkah memasaknya :

Bersihkan ikan dari kulitnya (apabila tetap ada) serta tulangnya lalu potong kecil-kecil.
Haluskan bawang putih, bawang merah, garam, ketumbar, serta kunyit.
Panaskan santan di panci, masukkan potongan-potongan ikan. Aduk sesekali.
Tumis bumbu halus serta masukkan dalam panci, aduk.
Masukkan bumbu-bumbu lain ke dalam panci : lengkuas, sereh, serta daun jeruk.
Masak selalu sampai ikan lunak. Imbuhkan santan encer apabila di rasa butuh atau sedikit air. Janganlah lupa untuk selalu diaduk agar santan tak pecah.
Yang mengakui jago masak mesti coba type kuliner ini. Rugi bila tak sempat coba memasak serta merasakannya. Rasa khasnya itu lho, tak diperoleh dari ikan lain. Bila di daerahmu tidak ada cakalang fufu, internet dapat menolong.