Candi gedong songo Pegunungan Ungaran

 Gedong Songo (Sembilan Bangunan) yaitu nama candi yang ada di bukit pegunungan Ungaran. Candi Gedong Songo terdapat pada ketinggian kurang lebih 1. 200 DPL dengan suhu kurang lebih 19 – 27 °C. Lokasi Candi Gedong Songo sangat gampang di jangkau dari beragam kota yang ada di sekelilingnya. Lokasinya adalah jalur deretan alternatif Ungaran – Temanggung. Jika Petualang memulai dari Kota Semarang cukup ke selatan menuju Kota Ungaran – Bandungan – Gedong Songo. Dapat di tempuh dengan waktu 1 jam perjalanan. Jika dari Yogyakarta bisa lewat Kota Ambarawa (Tugu Palagan Ambarawa) – Bandungan – Gedong Songo, waktu perjalanan kurang lebih 2 jam.candi gedong songo

Candi Gedong Songo terdapat di lereng Gunung Ungaran, pada koordinat 110°20’27” BT serta 07°14’3” LS di desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Gedong Songo datang dari bahasa Jawa, Gedong (rumah/bangunan) serta Songo (sembilan) yang bermakna Sembilan (Kelompok) Bangunan. Apakah dari awal candi ini ada sembilan kelompok? Atau mempunyai makna lain? Hmm, belum bisa dijawab. Tetapi waktu ini cuma ada 5 komplek candi.
gedong songo 3
Candi Gedong Songo ini banyak kemiripan dengan candi yang ada di Dieng yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Komplek candi ini di buat berderet dari bawah ke atas perbukitan mengintari kawah sumber air panas. Di mana komplek candi di Dieng juga banyak kawah air panas yang ada tidak jauh dari pusat candi. Pembuatan candi yang simetris serta ada atas bukit memberikan kombinasi dari dua religi yakni lokal yang berpedoman keyakinan pada nenek moyang serta budaya hindu di mana candi untuk rumah para dewa. Candi yang di buat kuncup ke atas serupa dengan budaya masa batu yakni punden berundak-undak. Prinsipnya bawah makin ke puncak, maka roh nenek moyang makin dekat dengan manusia. Nah, ke-2 budaya ini menyatu di Candi Gedong Songo dengan mendeskripsikan untuk tempat persembahan untuk roh nenek moyang di mana tempat untuk melakukan prosesi itu ada di komplek candi yang ada diatas perbukitan.