Candi Muara Takus di Riau

Candi Muara Takus Riau – Peninggalan sejarah ini berada di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, lokasinya kurang lebih berjarak 135 km dari Kota Pekanbaru. Jarak antara komplek candi ini dengan pusat desa Muara Takus kurang lebih 2,5 kilometer dan tidak jauh dari tepi sungai Kampar Kanan.Candi Muara Takus adalah candi terbesar di Sumatera. Stupa candi ini tidak umum seperti candi aliran Budha lainnya. Umumnya Stupa candi – candi Budha berbentuk lonceng duduk. Lokasi wisata ini terletak sekitar 135 km dari kota Pekanbaru.
5
Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter. Sedangkan candi itu sendiri berukuran 7 x 7 meter. Di luar areal kompleks, terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampai ke pinggir sungai Kampar Kanan. Candi Muara Takus merupakan candi penganut agama Buddha. Ada yang berpendapat bahwa candi ini peninggalan agama Buddha yang datang dari India karena bentuknya mirip dengan Candi Acoka yang ada di India. Namun ada pula yang berpendapat bahwa ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Komplek Candi Muara Takus merupakan satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau.
6
Sejumlah sumber menyebutkan, Candi Muara Takus berasal dari kata Muara dan Takus. Takus berasal dari bahasa Cina, yakni Ta Ku Se, artinya Candi Tua. Seperti umumnya candi, komplek Muara Takus berada di dekat aliran sungai. Ia terletak di tepian Sungai Kampar Kanan. Candi Muara Takus tidak punya relief sama sekali pada dinding-dindingnya. Hanya menggambarkan seni bangunan bertingkat dari bata dengan irama timbul tenggelam. Membentuk komposisi artistik dan anggun.

Pada tahun 1935, seorang sejarawan berkebangsaan Belanda, Dr. F.M. Schnitger datang dan meneliti candi ini. Waktu itu ia sempat terkejut menyaksikan kedatangan segerombolan gajah ke candi itu waktu malam bulan purnama, seperti hendak berziarah. Beberapa orang mengaitkan kejadian ini dengan aspek mistik. Tapi sebenarnya ini tak lebih dari fakta bahwa posisi candi Muara Takus memang berada di rute perlintasan kawanan gajah.