Cara Membuat Soto Kudus

 

Soto Kudus adalah soto berkuah bening tanpa memakai soun serta cuma memakai daging ayam kampung. Inilah ciri khas dari Soto Kudus, yakni cuma memakai daging ayam kampung. Daging ayam kampung diambil untuk bahan utama dalam masakan Soto Kudus ini dengan alasan bahwasanya daging ayam kampung jauh lebih gurih di banding ayam potong. Lalu bagaimana dengan gizinya? yuk kita bahas sama-sama.
Resep-Cara-Membuat-Soto-Kudus
Daging ayam biasanya memiliki kandungan berbagai jenis gizi yang benar-benar bermanfaat untuk badan manusia. Dimulai dari vitamin A, B1, C, Kalsium, fosfor, zat besi serta juga lemak. vitamin A benar-benar bermanfaat dalam melindungi kesehatan mata kita. Vitamin B1 benar-benar membantu dalam kesehatan serta kelencaran pencernaan, dan untuk sumber energi. Adapun zat besi, kalsium dan fosfor di kenal sebagai zat gizi yang bertindak dalam pembentukan tulang, perkembangan tulang, kesehatan serta kelenturan otot, menambah daya ingat dan konsentrasi, pembentukan beberapa sel darah, membantu fungsi otak, serta mencegah terjadinya osteoporosis dan penyakit jantung. Sedangkan lemak bertindak dalam membantu tubuh menyerap vitamin A, D, E serta K, diluar itu juga berperan dalam membuat perlindungan organ-organ utama dalam tubuh kita dari benturan.
Silakan dilihat resep Soto Kudus yang enak serta bergizi.

A) Bahan
– Daging Ayam Kampung (1 ekor)
– Telur ayam (3 butir)
– Tauge (100 gram)
– Daun seledri yang telah diiris halus (2 sendok makan)
– Bawang putih goreng (2 sendok makan)
– Air (1 1/2 liter)
– Minyak goreng untuk menumis

B) Bumbu
– Bawang putih (8 siung)
– Bawang merah (10 siung)
– Ketumbar (1 sendok makan)
– Jintan (1 sendok teh)
– Kemiri (6 butir)
– Jahe (3 cm)
– Garam serta penyedap rasa secukupnya
– Gula (2 sendok teh)
– Serai (2 batang)

C) Bahan pelengkap
– Kecap manis
– Jeruk Nipis diris-iris

soto kuduss
D) Langkah Memasak

– Rebus telur ayam sampai masak, serta iris menjadi bagian-bagian. Sisihkan.

– Bersihkan tauge sampai bersih, serta rendam sebentar dalam air panas. Angkat serta sisihkan.

– Potong daging ayam kampung menjadi 4 sisi, lalu bersihkan sampai bersih serta tiriskan.

– Rebus air, lalu masukkan ayam. Rebus daging ayam sampai kaldu berbau harum serta daging ayam bnar-benar masak.

– Sesaat menanti daging ayamnya masak, haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar, jintan, kemiri, serta jahe sampai betul-betul halus.

– Keprek sedikit pangkal batang serai.

– Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, disusul lalu dengan serai, tumis sampai harum serta masak.

– Setelah bumbu sudah betul-betul masak serta daging ayam yang di rebus sudah masak juga, setelah itu masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging ayam. Lanjutkan merebus sampai bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam.

– Setelah itu matikan api, serta angkat daging ayam dari dalam rebusan. Tiriskan serta tunggulah sampai agak dingin. (JANGAN BUANG KUAH REBUSAN)

– Setelah daging ayam agak dingin, suir-suir kecil serta tempatkan dalam mangkok. Lalu masukkan telur rebus, serta tauge ke dalam mangkok. Setelah itu tuangi dengan kuah rebusan.

– Taburi dengan bawang putih goreng, serta hidangkan bersama nasi putih, dilengkapi jeruk nipis, serta kecap manis. Bisa pula ditambahkan sambel kusus untuk soto.