Citarasa Papua: Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari Papua – Tanah Papua ternyata tidak hanya dianugerahi kekayaan alam, ragamnya seni budaya, dan keindahan alam maupun perairannya. Ternyata tanah Papua juga memiliki potensi kuliner yang tidak kalah lezatnya dibanding wilayah-wilayah lain di Indonesia, salah satu kuliner yang layak Anda coba adalah ikan bakar Manokwari. Sesuai dengan namanya, ikan bakar ini merupakan makanan khas Kota Manokwari, Papua. Tidak seperti ikan bakar yang biasa kita makan di kebanyakan warung ataupun rumah makan, ikan bakar ini memiliki rasa unik yang akan membuat lidah bergoyang karena bumbu sambal khas Papua yang disiramkan di atasnya. Jenis ikan yang biasa dijadikan bahan masakan ini adalah ikan tongkol.
1Ikan Bakar Manokwari sangat lezat dan gurih dengan dibumbui lalu dibakar dan diberi sambal special khas Papua dan diberi perasan jeruk nipis.
2
Anda yang sudah membayangkan kelezatannya tidak perlu penasaran harus datang ke Kota Manokwari untuk mencicipi kuliner yang satu ini, Anda bisa berkreasi dengan resep yang disajikan berikut ini.

Bahan:

1 ekor (450 gram) ikan tongkol
1 sdm air jeruk lemon
1/2 sdm garam

Bumbu tumbuk kasar:

8 butir bawang merah
8 butir cabai rawit merah
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir

Cara membuat:

  1.     Lumuri ikan tongkol dengan air jeruk lemon dan garam. Diamkan 15 menit.
  2.     Bakar ikan tongkol sambil dibolak-balik sampai matang.
  3.     Sajikan tongkol dengan taburan bumbu tumbuk.

Bisa Anda bayangkan kelezatan Ikan Bakar Manokwari , sebagai tips jangan lupa untuk menikmatinya bersama keluarga. Jika  suatu saat Anda melancong ke tanah Manokwari, sempatkan diri untuk menikmati kuliner yang satu ini karena tentu saja akan ada suasana yang berbeda jika kita menikmati menu khas suatu daerah secara langsung di tempat asalnya.