Danau Limboto (Salah Satu Danau Terluas Di Gorontalo)

Danau Limboto seluas 3. 000 hektar terang mempunyai peran utama untuk lokasi sekitarnya untuk daerah resapan air untuk daerah di sekelilingnya. Letak administratif danau ini ada di Kecamatan Limboto, Gorontalo.

Danau Limboto

danau-limboto-2

Tak hanya mempunyai peran utama untuk kehidupan orang-orang sekitarnya, danau ini yaitu satu diantara tempat yang menarik untuk maksud wisata. Pagi hari maupun mendekati senja adalah saat terbaik untuk berkunjung ke Danau Limboto. Waktu Matahari terbit atau terbenam, panorama danau semakin semarak oleh kilau sinar Matahari yang jatuh di permukaan air danau serta warna langit yang beralih warna.

Memancing, berkeliling danau dengan berperahu, atau nikmati panorama bunga teratai serta eceng gondok mekar yaitu sebagian daya tarik yang bisa Anda kerjakan di danau ini. Kekayaan danau berbentuk ikan air tawar juga bisa digunakan untuk memancing.Danau Limboto juga adalah muara dari lima sungai besar, yakni : Sungai Bone Sungai Bolango, Sungai Daenaa, Sungai Alo, Sungai Bionga, serta Sungai Molalahu. Air Danau Limboto dialirkan lewat Sungai Topadu yang bermuara di Teluk Tomini dengan jarak seputar 10 km.

Pada masa 1950-an, danau yang mempunyai kedalaman sampai 27 m ini sempat jadi landasan mendarat untuk pesawat amphibi yang ditumpangi Presiden Soekarno. Bung Karno waktu itu tengah lakukan kunjungan ke Gorontalo. Sayangnya, semakin th. danau ini makin dangkal saja. Diprediksikan waktu ini kedalaman danau cuma sekira 3-7 m saja. Pendangkalan Danau Limboto disebabkan oleh erosi serta sedimentasi yang disebabkan aktivitas pertanian yg tidak menghiraukan konservasi tanah serta pembukaan rimba. Hal semacam ini sebaiknya jadi perhatian untuk pihak berkenaan mengingat peran utama danau itu.

Bagaimana juga melindungi danau ini jadi tanggung jawab berbarengan. Jika dilewatkan maka diperkirakan 15 th. lagi danau ini bakal lenyap atau rata dengan permukaan darat. Walau sebenarnya, Danau Limboto benar-benar vital perannya untuk tangkapan air hujan untuk menghindar banjir di Gorontalo.

limboto

Untuk berkeliling atau melingkari Danau Limboto, ada layanan penyewaan perahu yang bisa dengan gampang didapati di kampung-kampung di pinggir danau. Di Kampung Kayudurian umpamanya, kampung ini adalah satu diantara kampung yang ada di tepian Danau Limboto di mana beberapa penyewa perahu bakal siap serta gampang didapati untuk mengantar mengarungi danau. Dengan demikian, Anda bakal memperoleh pengalaman yang tidak sama serta lihat segi danau dari pojok lain.

Ada banyak rute berperahu yang di tawarkan, dimulai dari berperahu ke daerah penjual ikan fresh, sebatas berkeliling danau di seputar Kampung Kayudurian, atau juga berperahu menyeberangi Danau Limboto. Pilihan rute bakal memastikan tarif sewa perahu ; harga umumnya tergantung perjanjian wisatawan dengan penyewa atau pendayung perahu.