Eksotisma Bumi Papua di Kepulauan Wayag

Kepulauan Wayag Papua – Surga penyelam yang sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara ini juga terkenal dengan deretan pulau-pulau karangnya yang tampak indah, apalagi jika dilihat dari puncak pulau tertingginya. Sebuah tempat yang sangat menarik dan luar biasa yang dapat anda kunjungi saat berwisata ke Raja Ampat adalah kawasan Kepulauan Wayag. Tidak lain karena panorama alam yang dimilikinya dapat mencakup hampir keseluruhan kawasan Raja Ampat.

9

Kepulauan Wayag terletak paling ujung dan paling jauh jika dibandingkan dengan beberapa pulau indah lainnya di kawasan Raja Ampat. Posisinya berada di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Memang untuk menikmati indahnya kawasan Kepulauan Wayag tergolong tidak mudah dan tidak murah serta memakan waktu perjalanan yang tidak sedikit. Namun, anda tidak akan kecewa dan tentunya akan berdecak kagum dengan keindahan Wayag yang benar-benar mempesona.

Untuk mencapai Kepulauan Wayag, perjalanan anda akan di mulai dari Kota Sorong baik untuk yang sudah berada di Tanah Papua ataupun untuk anda yang berasal dari luar Papua. Jika anda dari luar Papua, pertama anda akan tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO), kemudian bisa langsung di lanjutkan menuju Pelabuhan Perikanan Sorong baik menggunakkan angkutan kota (angkot), taksi, ojek ataupun kendaraan sewaan.

10

Setibanya di pelabuhan, anda bisa memutskan untuk menuju Waisai yang merupakan ibu kota Kabupaten Raja Ampat terlebih dahulu, atau anda bisa langsung menuju ke Kepulauan Wayag.

Jika anda berniat menuju Waisai terlebih dahulu, anda bisa menggunakkan kapal rakyat yang biasanya berlayar setiap hari menuju Waisai pada pukul 2 siang waktu setempat (14.00 WIT). Ongkos kapal ini adalah Rp 120.000*) per orang dan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Setelah tiba di Waisai, anda bisa berkeliling dulu atau langsung melanjutkan perjalanan anda menuju Wayag dengan menyewa long boat. Dari Waisai menuju Wayag dengan lama perjalanan sekitar 6 sampai 8 jam dan biaya sewa long boat tersebut sekitar 6 juta*) per hari.

Namun, apabila anda ingin langsung menuju Wayag dari Pelabuhan Perikanan Sorong tanpa singgah di Waisai terlebih dahulu, lama perjalanan anda hanya sekitar 5 jam menggunakkan speed boat, tetapi biaya yang harus anda keluarkan untuk penyewaan speed boat juga jauh lebih mahal. Anda harus mengeluarkan biaya sewa sekitar 9 juta*) per harinya untuk menuju kawasan Kepulauan Wayag.

Wisata

Perjalanan wisata anda menuju Wayag yang tidak mudah dan tidak murah ini tentunya memiliki nilai yang seimbang dengan harga dan tenaga yang anda bayarkan. Selain perjalanan menuju Kepulauan Wayag yang juga tampak sangat menyenangkan karena keindahan alam yang luar biasa serta lautan yang bersih, anda akan semakin terpesona setelah memasuki kawasan gugusan pulau-pulau karang yang ada di area Kepulauan Wayag.

Dapat dikatakan pula bahwa kunjungan anda ke Kepulauan Wayag ini adalah puncak perjalanan di Raja Ampat. Tak lain karena pesona alamnya mampu mewakili hampir semua kawasan di Raja Ampat. Bahkan, jika anda mencari informasi tentang Raja Ampat, foto-foto gugusan kepulauan karang yang seperti muncul dari bawah air, merupakan kawasan Kepulauan Wayag.

Ketika berlayar memasuki Kepulauan Wayag, anda akan terpesona dengan suasananya yang jarang bisa anda temukan karena anda akan melintasi banyaknya pulau-pulau karang yang tampak hijau di bagian atas atau puncaknya karena di tumbuhi oleh pepohonan.

Selain pulau-pulau karangnya, anda juga bisa menikmati panorama bawah laut yang bisa anda saksikan langsung dari atas permukaan karena air nya yang sangat jernih. Di perairan ini, anda juga bisa menemukan salah satu spesies endemik yang hanya bisa ditemukan di kawasan Teluk Cendrawasih, Raja Ampat dan Teluk Triton.

Spesies tersebut merupakan ikan hiu yang mirip dengan kadal dan berjalan menggunakkan siripnya yang dinamai Ikan Kalabia. Anda juga bisa menemukan spesies-spesies lainnya seperti ikan pari dan beberapa jenis penyu.

Aktivitas yang tak boleh anda lewatkan saat berada di Kepulauan Wayag adalah mendaki pulau karang. Memang cukup sulit untuk anda yang belum terbiasa, karena karang-karang yang terasa tajam ditambah lagi dengan medan kemiringan yang cukup besar bahkan di beberapa titik khususnya saat akan mencapai puncak kemiringan akan mencapai 90 derajat.

Tapi jangan khawatir, beberapa awak kapal yang anda sewa biasanya akan membantu anda untuk mencapai puncak ini. Pendakian menuju puncak biasanya hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja.

Nah, setelah anda tiba di atas puncak pulau karang ini, pemandagan alam yang akan anda saksikan akan terlihat sangat luar biasa. Hamparan pulau-pulau karang lainnya tampak selaras dengan birunya langit yang bersih serta hamparan air laut yang tampak berkilau dan jernih. Untuk anda penggemar fotografi, panorama alam dari atas puncak ini tidak boleh anda lewatkan, karena dari sinilah panorama alam terindah bisa anda saksikan secara langsung dan diabadikan lewat kamera anda.

Tips
1. Jika anda menginginkan suasana laut yang cukup tenang, anda bisa memilih waktu kunjungan anda sekitar bulan Oktober atau November, karena pada saat tersebut, keadaan laut Raja Ampat sedang tenang.

2. Ajaklah teman ataupun rombongan dalam perjalanan menuju Raja Ampat khususnya Kepulauan Wayag agar biaya sewa kapal tidak terasa begitu berat.

3. Untuk anda yang ingin snorkeling ataupun diving, sebaiknya bawalah sendiri peralatan anda. Namun, jika anda menggunakkan jasa agen travel, biasanya peralatan tersebut sudah termasuk dalam paket wisata anda.

4. Tidak ada penginapan di sekitar Wayag, selain itu sinyal ponsel tergolong sulit di tempat ini. Jadi, sebaiknya persiapkanlah segala sesuatunya sebelum anda menuju Wayag.

Akan tidak lengkap kalau kunjungan wisata anda di  Kepulauan Raja Ampat tidak dilengkapi dengan mengunjungi kawasan Kepulauan Wayag. Selain tempatnya yang paling indah, suasana seperti ini juga kemungkinan tidakbisa kita dapati di tempat lain. Siapkan segala sesuatunya dengan baik mulai dari keuangan, kesehatan, dan perbekalan anda dan selamat menjelajahi eksotisme Indonesia!