Eksotisme Danau Kamaka di Papua

Danau Kamaka Papua – Daerah Papua populer sebagai surga dunia karena keindahan alam beserta isinya dan memang sebutan itu tak salah. Berbagai destinasi wisata pantai, pegunungan dan jelajah hutan merupakan potensi wisata yang menakjubkan. Jika anda hendak mengunjungi Papua sebagai tujuan wisata, anda sebaiknya menambah satu obyek wisata lagi yaitu  Danau Kamaka, yang terletak di Desa Lomira atau juga dikenal sebagai Desa Kamaka.
19
Danau Kamaka berlokasi di Teluk Triton, Kaimana, Propinsi Papua Barat. Danau yang mempunyai panjang sekitar 30 km dengan lebar 1 km ini disebut sebagai Danau Amafata oleh penduduk sekitar. Keunikan dari danau ini adalah perbedaan ekstrim pada surutnya air di danau tersebut, antara jangka waktu 5-8 tahun! Ketika danau ini surut, masyarakat sekitar akan mempergunakan danau ini sebagai lahan untuk menanam berbagai tanaman.
Berpetualang Di Danau Kamaka Papua
20
Yang membuat petualangan anda terasa lebih mengesankan saat mengunjungi danau ini adalah anda dituntut untuk mempunyai kondisi fisik yang segar bugar, karena anda harus berjalan kaki untuk menuju Danau Kamaka. Bahkan, butuh waktu lebih dari satu hari jika anda berniat mengelilingi danau ini karena panjangnya yang mencapai 30 km. Tetapi rasa lelah karena berjalan itu akan segera menghilang ketika sampai di lokasi karena Danau Kamaka menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Anda juga bisa memperoleh lobster segar di danau tersebut, bahkan jika anda sedang beruntung seekor kijang akan anda jumpai di sekitar danau. Namun karena masih minimnya fasilitas pendukung, akan lebih baik jika anda membawa bekal secukupnya sebelum menuju Danau Kamaka. Jika anda berniat untuk menginap di sekitar danau, pastikan anda membawa tenda serta peralatan berkemah yang memadai karena tidak ada penginapan di sekitar danau.

Satu hal lagi yang harus anda perhatikan adalah jadwal penerbangan. Penerbangan menuju Kaimana tidak setiap hari ada, hanya ada jadwal penerbangan menuju Kaimana pada hari-hari tertentu saja dan itu juga selalu berubah setiap bulannya. Maskapai yang menawarkan penerbangan ke Kaimana cukup banyak, diantaranya Wings Air, Merpati, Tri M, G Airlines, atau Express Air. Maskapai penerbangan tersebut akan membawa anda ke Bandara Utarum yang terletak di Kaimana, dari Bandara Sorong. Setelah transit di Fak-Fak dan langsung menuju Kaimana. Jika anda ingin merasakan sensasi yang unik, anda bisa menggunakan kapal untuk menuju Kaimana, yaitu dengan naik Kapal Ciremai dari Jakarta, dan Kapal Tatamailau yang datang dari Manado yang akan membawa anda langsung ke Kaimana.