Garang Asem Masakan Khas Jawa Tengah

 Garang Asem adalah makanan tradisional khas Jawa Tengah.Garam asem yaitu masakan olahan ayam berkuah santan yang dimasak memakai daun pisang serta didominasi oleh rasa asam serta pedas. Sebagian kota di provinsi Jawa Tengah mempunyai makanan tradisional ini. Diantaranya Semarang, Demak, Kudus, Pati, serta Pekalongan.
garang-asem
Garang asem umum di sajikan sebagai lauk pendamping nasi, ditambah dengan tusukan ayam asam manis, tempe goreng, serta perkedel.
Makanan tradisional ini terbuat dari ayam yang telah dipotong – potong jadi bagian – bagian kecil, seperti dada, sayap, serta kepala. Potongan cabai serta belimbing sayur yaitu bahan sumber rasa asam. Ayam yang dipakai yaitu ayam kampung, lantaran ayam kampung dapat jadi lebih lembut serta empuk di banding ayam yang lain. Kemudian dibungkus dengan daun pisang, di beri bumbu serta air seperlunya, serta di kukus selama kira-kira 45 menit. Supaya garang asem tak bocor umumnya daun pisang dilapis dengan plastik tahan panas di dalamnya.

Tak hanya Semarang, kota lain di Jawa Tengah juga mempunyai variasi cara penyajian makanan khas ini. Garang Asem dari Pekalongan umpamanya, makanan khas ini tak memakai daun pisang untuk pembungkusnya. Makanan ini di sajikan diatas piring serta tak memakai pembungkus daun pisang hingga bisa segera disantap. Tidak sama dengan garang asem dari Demak, garang asem Demak memakai pembungkus daun pisang.

Nyaris semua bumbu dari masakan ini memakai rempah-rempah asli Indonesia, ditambah potongan cabai serta belimbing sayur untuk sumber rasa asam.
100-GARANG-ASEM-2
Konon katanya kuliner Garang Asem yaitu sajian untuk orang-orang berada, hal itu karena harga ayam kampung yang tetap benar-benar mahal. Cuma beberapa orang ada pada waktu itu yang memiliki peluang untuk beli ayam kampung.

Meskipun struktur kuliner ini tampak benar-benar simpel, nyatanya banyak juga orang yang tidak berhasil dalam membuatnya. Alih-alih mau bikin Garang Asem, jadinya malah membuat opor.

Harga satu porsinya yang relatif lebih mahal dari harga menu masakan umum nyatanya sepadan dengan sensasi rasa yang didapatkan Garang Asam. Penasaran seperti apa rasanya, silakan coba kuliner yang satu ini