Garuda Wisnu Kencana (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park)

Garuda Wisnu Kencana (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), disingkat GWK, yaitu sebuah taman wisata dibagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terdapat di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kurang lebih 40 km. di samping selatan Denpasar, ibu kota propinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan bakal didirikan suatu landmark atau maskot Bali, yaitu patung memiliki ukuran raksasa Dewa Wisnu yang tengah menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 mtr.

cerita patung garuda wisnu kencana corak patung garuda wisnu kencana

 

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ada di ketinggian 146 mtr. diatas permukaan tanah atau 263 mtr. diatas permukaan laut. Patung ini nanti sesudah usai bakal jadi patung paling besar dunia dengan tinggi 75 mtr. serta lebar 60 mtr. serta bakal menaklukkan patung liberty. GWK ini adalah mahakarya dari seniman Bali I Nyoman Nuarta yang ada di daerah Bali Selatan tepatnya di bukit Unggasan. Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ada di ketinggian 146 mtr. diatas permukaan tanah atau 263 mtr. diatas permukaan laut.

foto patung garuda wisnu kencana garuda wisnu kencana adalah

Di lokasi itu ada juga Patung Garuda yang pas di belakang Plaza Wisnu yaitu Garuda Plaza dimana patung setinggi 18 mtr. Garuda diletakkan sesaat. Pada waktu ini, Garuda Plaza jadi titik konsentrasi dari suatu lorong besar pilar berukir batu kapur yang meliputi kian lebih 4000 mtr. persegi luas area terbuka yakni Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal serta monumental patung Lotus Pond Garuda bikin area yang benar-benar eksotis. Dengan kemampuan ruangan yang dapat menyimpan sampai 7000 orang, Lotus Pond sudah memperoleh reputasi yang baik untuk tempat prima untuk mengadakan acara besar serta internasional.

garuda wisnu kencana bali (1) garuda wisnu kencana bali (2)

Ada juga patung tangan Wisnu yang disebut sisi dari patung Dewa Wisnu. Ini adalah satu diantara langkah lebih dekat untuk merampungkan patung Garuda Wisnu Kencana komplit. Karya ini diletakkan sesaat di daerah Tirta Agung.

Terdapat di atas dataraan tinggi batu kapur padas serta memandang lokasi wisata dipesisir selatan Bali, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park yaitu jendela seni serta budaya Pulau Dewata yang mempunyai latar belakang alami dan pemandangan yang benar-benar mempesona. Dengan jarak tempuh 15 menit dari Pelabuhan Hawa serta kurang dari satu jam dari lokasi perhotelan utama, GWK jadi satu diantara maksud utama untuk beragam pertunjukan kesenian, pameran serta konferensi maupun kunjungan enjoy juga kunjungan spiritual. Patung ini adalah karya pematung populer Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini di kembangkan untuk taman budaya serta jadi ikon untuk pariwisata Bali serta Indonesia.

garuda wisnu kencana bali garuda wisnu kencana entrance fee

Patung itu berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu yaitu Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda bisa dipandang di cerita Garuda & Kerajaannya yang bercerita tentang rasa bakti serta pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang pada akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

garuda wisnu kencana statue lomba foto garuda wisnu kencana

Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata area dengan jarak pandang s/d 20 km hingga apat tampak dari Kuta, Sanur, Nusa Dua sampai Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini adalah lambang dari misi penyelamatan lingkungan serta dunia. Patung ini terbuat dari kombinasi tembaga serta baja seberat 4. 000 ton, dengan tinggi 75 mtr. serta lebar 60 mtr.. Bila pembangunannya usai, patung ini bakal jadi patung paling besar didunia serta menaklukkan Patung Liberty.