Green Canyon (Atau Juga Disebut Cukang Taneuh)

Green Canyon tidaklah Grand Canyon Amerika, Namun Green Canyon Pangandaran. Green Canyon yang awalannya dimaksud ” Cukang Taneuh “, bhs Sunda untuk menyebutkan jembatan Tanah, lantaran di sini ada jembatan yang lebarnya 3meter terbuat dari tanah ada diatas tebing kembar di pinggir sungai. Keajaiban alam yang spektakuler ini pasti tak lagi Anda jumpai ditempat lain. Nama Green Canyon dipercaya datang dari seseorang turis Perancis yang datang ke lokasi Green Canyon saat ini pada th. 1993. Lantaran air serta lumut berwarna hijau yang berlimpah maka wisatawan itu berikan nama Green Canyon. Green Canyon terdapat di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat, seputar 31 Km atau 45 menit berkendara dari Pangandaran.

Green Canyon

green-canyon-pangandaran

Saat Anda tiba di pintu masuk utama serta area parkir Green Canyon, Anda bakal lihat banyak perahu kayu yang popular dimaksud ” ketinting ” berbaris cantik di pinggir sungai. Perahu-perahu inilah yang bakal membawa Anda ke Green Canyon dengan biaya Rp75. 000, 00 per orang. System penyusunan perahu benar-benar terorganisir, sesudah Anda membayar biaya Anda bakal terima nomer serta bakal memperoleh giliran sesuai sama dengan nomer yang Anda terima.

Ketinting lalu bakal membawa Anda menyusuri sungai, membelah hijaunya air serta perahu bakal membuat gelombang kecil di tiap-tiap sisinya. Saat Anda ada didalam perahu, Anda bakal lihat panorama indah pohon-pohon di pinggir sungai, serta terkadang ular atau kadal bakal melompat ke sungai, atau nampak ke permukaan air. Saat perahu melambat panorama yang mengagetkan pas di depan mata Anda. Tebing tinggi kembar berdiri di tiap-tiap segi sungai, dengan stalaktit serta stalagmit, air yang jernih serta Anda barangkali bakal memikirkan bahwasanya ini yaitu Taman Eden. Air mengalir turun dari tiap-tiap segi tebing membuat nada gemuruh air terjun. Bila air tak tengah gunakan, Anda dapat jalan dibawah gua besar ini serta kagum pada ke-2 tebing besarnya. Baju Anda juga bakal basah kuyup, jadi tak ada ruginya bila Anda sekalian berenang serta rasakan kesegaran airnya. Melompat dari tebing yang cukup tinggi kedalam air adalah pengalaman yg tidak terlupakan. Hal yang paling riil dari Green Canyon yaitu tempatnya yang benar-benar bersih. Tak ada sampah camilan atau bungkus rokok mengambang serta bertebaran di seputar tebing.

gre

Lokasinya yg tidak terlampau jauh dari Pangandaran, jadikan Green Canyon untuk destinasi wisata di pangandaran yang susah untuk ditinggalkan demikian saja. ” Sepotong surga di bumi” begitulah yang digambarkan mereka yang datang ke Green Canyon. Suatu keajaiban Alam tersembunyi dibalik semak-semak tidak tipis serta pohon-pohon rimba Pangandaran. Green Canyon yaitu rahasia indah serta spektakuler yang tersembunyi di Pangandaran.