Gudeg Jogja (Masakan Khas J0gja)

Gudeg Jogja yang populer kelezatannya mempunyai resep rahasia serta langkah memasak yang lama serta berjam-jam sampai dapat awet disimpan kurun waktu yang lama. Gudeg yang di buat dengan bahan basic nangka muda serta santan resepnya ada di sini Resep Gudeg Jogja Lengkap Original Enak Lezat. Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang berwana coklat kemerahan dengan citrarasa yang tidak sama enak serta lezat dengan bumbu khas Jogja. Buat penggemar kuliner barangkali mau coba resep gudeg Jogja lengkap ini untuk variasi dalam hidangan makanan.

Gudeg Jogja

gudeg

Resep Gudeg Jogja Asli

Beberapa bahan :

2 butir kelapa
5 lembar daun jati
1 ekor ayam negri suwir dagingnya
4 butir telur bebek/ayam rebus
500 gram nangka muda
200 gram krecek sapi

Bumbu gudeg jogja :
6 butir bawang merah
8 butir bawang putih
2 sendok teh ketumbar
10 butir kemiri
3 cabe merah keriting
50 gram kacang tolo
1 buah serai memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sdt terasi
5 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 sendok teh garam
150 gram gula merah

 

deggu

Langkah Bikin Gudeg Jogja :
Rebus telur serta parut kelapa, serta peras santannya, lalu pisahkan santan kental serta santan encernya.
Nangka muda di irislah kasar sesudah dicuci terlebih dulu. Lalu rebus nangka muda dengan daun jati supaya menyebabkan warna merah, rebus sampai lunak. Tiriskan lalu memarkan nangka muda itu.
Haluskan bumbu, terkecuali daun salam serta lengkuas. Masukkan ke dalam panci berbarengan dengan santan encer. Masukkan juga ayam suwir, krecek, serta nangka muda yang sudah di memarkan.
Imbuhkan daun salam, daun jeruk purut, serai, lengkuas, serta kacang tolo. Rebus hingga santan berminyak. Masak selalu dengan memakai api kecil, sepanjang lebih kurang 2 jam.
Paling akhir masukkan telur rebus yang sudah dikupas, imbuhkan santal kental, masak sampai santan jadi kering habis terserap serta nangka muda jadi empuk, masak selalu hingga berwarna coklat kemerahan. Lama sistem memasak seputar 3-4 jam.
Saat memasak Resep Gudeg Jogja Lengkap Original Enak Lezat ini tutup panci janganlah terus-terusan dibuka. Rasa gudeg yang enak serta nikmat ini saat ini sudah diolah dalam paket kaleng. Gudeg Jogja dalam kaleng tahan disimpan sepanjang 1 th.. Gudeg jogja dalam kaleng tiada pengawet serta tiada MSG. Dengan memakai bahan baku yang betul-betul fresh yang berkwalitas tinggi, dengan sistem pengalengan tak kian lebih 12 jam dari gudeg masak untuk hindari hilangnya kesegaran dari gudeg ini. Sesudah di masukkan kaleng, udara-udara dalam kaleng dikeluarkan sampai kedap dengan memakai tehnologi spesial. Sesudah di kalengkan lalu gudeg masuk sistem sterilisasi didalam mesin dengan desakan 45 bar dengan suhu 120 C. Hingga bakteri-bakteri didalam kaleng bakal mati.