Ikan Bungkus Papua (Makanan Populer Di Papua)

Papua populer dengan wisata alam serta budayanya yang kental dan juga Ikan Bungkus Papua nya. Wisata alam Papua yang populer keindahannya diantaranya Taman Nasional Teluk Cendrawasih, lokasi perairan Raja Ampat, serta Puncak Gunung Jayawijaya. Sesaat itu, budaya Papua yang tetap tradisional, seperti kebudayaan Lembah Baliem, kebudayaan Suku Asmat, serta suku-suku tradisional yang lain jadikan potensi wisata budaya di Papua mempunyai nilai jual yang tinggi untuk objek pariwisata.

Ikan Bungkus Papua

ikanbung

Tak hanya wisata alam serta wisata budaya, di Papua juga dapat nikmati kelezatan kuliner khas Papua yaitu Ikan Bungkus Papua. Warisan wisata kuliner Papua yang populer diantaranya Papeda, ulat sagu, serta lain sebagainya. Wisata kuliner Papua mempunyai ciri khas sendiri lantaran umumnya kuliner khas Papua didominasi sagu. Namun, ada juga yg tidak memiliki bahan sagu.

BAHAN membuat Ikan Bungkus Papua :

500 gram ikan tenggiri, potong-potong
1 butir jeruk nipis, ambillah airnya
100 gram labu siam, serut, peras
4 siung bawang putih, haluskan
5 sdt tepung kanji
1 sdt garam
¼ sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
100 ml santan dari ¼ butir kelapa
Daun pisang batu, untuk membungkus
CARA MEMBUAT :

bersihkan bersih ikan tenggiri, tiriskan, lumuri dengan air jeruk purut. Aduk berbarengan labu siam, bawang putih, tepung kanji, garam, merica, gula pasir.
bungkus tiap-tiap 2-3 sdm adonan ikan dengan daun pisang, wujud tum, semat dengan lidi.
kukus dalam dandang panas 20 menit hingga masak. Angkat, hidangkan

ikan bungkus

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini bakal diterangkan tentang warisan kuliner khas tanah Papua selain Ikan Bungkus Papua.

Papeda Ikan Kuah Kuning

Satu diantara makanan khas Papua yaitu Papeda. Papeda atau dimaksud juga bubur sagu adalah makanan pokok orang-orang Papua. Tak hanya di Papua, papeda juga jadi makanan pokok di Maluku. Tetapi, makanan papeda lebih mewakili daerah Papua.

Makanan khas papeda ini terbuat dari tepung sagu. Umumnya, papeda ini di buat oleh masyarakat di pedalaman Papua. Hidangan papeda umumnya di sajikan dengan kuah ikan asam yang fresh serta menggugah selera. Ikan kuah asam yang di sajikan dalam mangkok dilengkapi dengan taburan daun kemangi. Rasa kuah didominasi rasa fresh dari tomat irislah serta lemon cui, bumbu rempah, ditambah gurihnya kaldu ikan.

Struktur papeda yang kenyal digabungkan dengan daging ikan yang lembut serta cita rasa kuah yang fresh. Mmm, lezatnya demikian menggoyang lidah. Ikan yang dipakai untuk pendamping papeda dapat berbagai macam, dimulai dari ikan gabus, kakap merah, sampai ikan kue. Tetapi, bahan ikan yang paling pas untuk ikan kuah kuning yaitu ikan gabus.

Untuk pelengkap hidangan papeda kuah kuning, umumnya di sajikan dengan sayur ganemo bunga pepaya. Sayur ganemo bermakna daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya beserta cabai.