Indahnya Pasir Putih di Pantai Ngurfatur

Pantai Ngurtafur Maluku – Di Kabupaten Maluku Tenggara terdapat sebuah pantai yang unik dan eksotis, yakni Pantai Ngurtafur. Pantainya sangat berbeda dengan pantai pasir putih lainnya yang lazimnya terletak memanjang di tepian pulau, pantai Ngurtafur ini justru terletak memanjang dari tepi Pulau Warbal ke arah laut sepanjang dua kilo meter dengan lebar lebih kurang tujuh meter.
13Pada waktu air pasang, sebagian “garis” yang menghubungkan ke Pulau Warbal terendam, membuat Ngurtafur seakan pulau sendiri yang hanya berupa gundukan pasir putih. Ada pula area yang hanya terendam sekitar dua sentimeter saja dan memanjang, membuat anda berasa berjalan di atas air putih yang memanjang.

Pantai Ngurtafur, terdapat di Pulau Warbal, Kabupaten Maluku Tenggara merupakan wilayah konservasi Tabob atau Penyu Blimbing yang dikelola oleh WWF. Menurut cerita penduduk setempat Tabob atau Penyu Blimbing dipantai ini mempunyai ukuran luar biasa, kira-kira sebesar sebuah mobil sedan dengan berat 1.1 ton tetapi untuk melihatnya adalah sebuah kejadian langka, karena Tabob tersebut tidak sering memunculkan dirinya. Konon untuk memanggil Tabob diperlukan ritual yang dipimpin oleh tetua adat setempat.

14Pada musim tertentu , saat anda mengunjungi Pantai Ngurtafur, anda akan disambut ratusan atau bahkan ribuan burung pelikan yang bersantai di sepanjang ngurtafur sebelum melanjutkan migrasi mereka.

Untuk mengunjungi Pantai Ngurfatur Anda harus terlebih dahulu melakukan penerbangan ke Bandara Pattimura, Ambon, ibu kota Maluku. Dari bandara ini, ikuti penerbangan ke Bandara Dumatubun Langgur yang memakan waktu perjalanan sekira 1,5 jam. Setelah tiba di Langgur, teruskan perjalanan menuju Tual. Untuk menuju Ngurtafur, Anda bisa menyewa kapal motor di Pelabuhan Debut. Muatan angkut kapal sebanyak 15 orang dengan biaya sewa untuk pulang pergi (PP) sekira Rp700.000,- sampai Rp1000.000,-. Waktu tempuh sekitar satu setengah jam.