Indanya Pulau Tidung

Pulau Tidung Jakarta – Sebuah pulau di Kepulauan Seribu yang sempat dijuluki sebagai Maladewa of Indonesia. Pulau Tidung terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Keduanya dihubungkan oleh sebuah jembatan dengan panjang sekitar 2 km. Hingga saat ini Pulau Tidung Kecil belum dihuni penduduk, sedangkan Pulau Tidung Besar dihuni sekitar 4.000 jiwa penduduk, dan menjadi salah satu pulau yang penduduknya terbanyak di antara pulau-pulau di gugusan Kepulauan Seribu.

8
Pulau Tidung yang lebarnya diperkirakan hanya 200 meter namun panjangnya sekitar 5 km, dikelilingi oleh pantai dangkal yang bergradasi putih karena ditumbuhi karang dan dipenuhi ikan hias pantai yang tidak hentinya berlenggok. Pantai di pulau ini tidak berombak besar karena gugusan karang dan terumbu karang yang mengelilingi pantai mampu menahan ombak jadi cocok untuk berenang.

anekatempatwisata.com

anekatempatwisata.com

Jika berkunjung ke Pulau Tidung, Anda tidak akan menyesal, karena pulau ini menawarkan banyak hal untuk dinikmati dan dirasakan.  Menikmati indahnya pemandangan pantai di kedua pulau, menyaksikan gugusan terumbu karang yang cantik dengan snorkeling, menyelam dan berenang, menikmati indahnya warna matahari ketika terbenam dicakrawala, bersepeda sambil menyusuri indahnya pesisir pantai dan bertukar senyum dengan penduduk setempat atau sekedar berhenti di jembatan penghubung kedua pulau sambil menyaksikan anak kecil penduduk setempat menghempaskan tubuh mereka ke dalam air dengan indah dan mengagumi hamparan laut biru langsung didepan mata.

7

Pulau Tidung dapat ditempuh dari Jakarta Anda bisa menuju dermaga Muara Angke, Jakarta Utara tepat kapal “feri” julukan warga setempat untuk sebuah kapal kayu berbahan bakar solar yang panjangnya 55 meter dan lebar 3 meter dengan daya angkut 100 orang. Kapal ini akan mengantarkan Anda menuju Pulau Tidung dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam. Jadwal pemberangkatan kapal pukul 07.15 dengan ongkos Rp 33 ribu per orang.