Java Long Trip

Di tahun 2010 lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi beberapa kota di pulau jawa..ini menjadi penglaman traveling yang sangat panjang bagi saya pribadi, di mulai dari keberangkatan saya dari makassar dengan tujuan semarang dalam rangka untuk menghadiri kegiatan pembelajaran.

Saya dan beberapa teman memilih untuk menumpangi maskapai lion air dengan tujuan surabaya, sesampai kami di bandara Juanda surabaya, kami melanjutkan perjalanan ke terminal bus Purabaya dengan angkutan bis yang bisa kita dapatkan di kawasan  bandara juanda, kalo tidak salah kami dikenakan biaya 10.000 – 15.000 pada waktu itu.

Sesampainya di terminal purabaya kami langsung mencari bus tujuan semarang dengan biaya pada waktu itu sekitar 35.000 – 40.000, selama kurang lebih 30-40 menit sambil menunggu keberangkatan bis yang akan membawa ke semarang, kami berkeliling terminal purabaya sambil menikmati live musik rakyat tentunya…live dangdutan..( dangdut is the music of my country…wkkk)Tiba saatnya kami berangkat menuju ke semarang, kurang lebih kami membutuhkan waktu 6-7 jam perjalanan untuk sampai ke semarang, karena kami berangkan sekitar jam 4-5 sore,

SEMARANG : Perkenalan pertama dengan nasi kucing

kami akhirnya tiba di semarang, dan kami memilih turun di depan terminal ( lupa nama terminalnya..) dengan muka yang lusuh, kecapean dan pastinya kelaparan..wkwkwkk..sambil menunggu teman yang berangkat dari kota lain, saya memutuskan untuk mencari makanan untuk teman-teman, dan akhirnya mendapatkan sesuatu yang baru buat saya..NASI KUCING tapi gak pake kucing tentunya…wkwkwkk, karena harganya yang murah meriah Rp.1.500/bks ( harga sebanding kuantiatas gannn….) saya membelikan untuk rombongan..setelah menunggu hampir sejam akhirnya teman kami datang dan kami sama-sama ke tempat tujuan daerah Grand Marina.

Selama 3 hari 4 malam kami mengikuti kegiatan pembelajaran di semarang, di sesi istirahat kami mengambil waktu untuk jalan-jalan dengan memakai angkutan bus kota, tapi kami tidak sempat menjelajahi lebih banyak daerah di semarang, kami hanya ke mall yang ada disimpang lima, dan tentunya tidak ketinggalan makan siang lesehan di pinggir jalan simpang lima dengan suguhan Tauhu Gimbal dan Es campur semarang..maknyossss…dan mumer gan…..

Akhirnya waktu kami di semarang akan berakhir, kami kembali ke terminal..saya dan adik saya memutuskan untuk melanjutkan perjalan kami ke yogyakarta, sedang teman kami yang lain menuju surabaya untuk kembali ke makassar…

Yogyakarta, Kota Budaya nan Ramah

Berangkat dari semarang ke yogyakarta, saya dan adik saya menuju yogyakarta dengan bis kota, dan membutuhkan waktu kurang lebih 3-3,5 jam untuk sampai di yogya, tadinya kami berencana via kereta api, berhubung karena musim liburan jadi tiket habis…

In the end akhirnya kami tiba di yogjakarta sekitar pukul 07 malam, setiba di jogja hal pertama yang kami lakukan yaitu menuju ke stasiun kereta api Lempuyangan, kebetulan jarak terminal ke stasuin kereta api cukup dekat jadi kami tempuh dengan berjalan kaki, rencana kami ingin memesan tiket kereta menuju bandung untuk besok malam, tapi ternyata tiket habis juga….

jogja

Kami memutuskan untuk mencari penginapan di malioboro, kebetulan jarak dari stasiun ke maliobro Cuma beberapa ratus meter, karena kali in kami memutuskan untuk perjalanan Backpacker jadi kami mencari penginapan yang sederhana, memasuki area malioboro kami dihampiri beberapa penduduk lokal yang menawari jasa penginapan, kami coba mengikuti salah satu “guide” dadakan,  dari gang ke gang kami mencari tempat penginapan yang murah tapi bersih, dan yang dekat dengan jalan utama, setelah melihat-lihat beberapa tempat akhirnya kami memutuskan untuk tinggal di salah satu penginapan yang sangat sederhana…sebagai jasanya kami beri tips 20rb untuk org tadi itu..

Dengan 100.000 per malam , biasanya Cuma 50rb , krn musim liburan. Penginapan ini sebenarnya ruma penduduk yang  dijadikan penginapan, dengan bangunan tua dari kayu, keramik semen, dan tentunya no ac, dan yang menyiksa dengan toilet umum yang sempit..oh my God…

Untuk menghemat waktu kami yang singkat kami menikmati suasana yogya di maloboro dan alun-alun kota, tersa sekali dan sma dengan suasana yang di gambarkan dalam lagunya Katon “Jogjakarta”, kesan ramah, budaya dan seni yang kental sangat terasa, Gudeg menjadi target kami yang pertama untuk mengisi perut, kami juga mencoba sate daging ( lebih tepatnya sate kulit…wkwkwkwk) harga 3000 per 10 tusuk…kami juga tidak melewatkan membeli batik dan souvenir di malioboro…rata-rata pedagang menjual barang yang sama tapi harga mesti dibandingin gan….  Akhrinya jam menunjukann tengah malam kami pulang dan tidur lelap karane kecapean, dan tidak memperdulikan lagi keadaan penginapan…zzzzzzzzzzzzzzz

Besok harinya kami setelah sarapan nasi kucing lagiii…kami berencana ke Borobudur ( salah satu ikon wisata indonesia).  Sebenarnya tidak sulit menuju kesana karena jogja memiliki bus way, tapi karena sok tahu kami cari jalan sendiri, dan akhirnya kami kesasar..wkwkwk..jadi kami memutuskan memakai becak mecari koridor busway terdekat, dengan busway (bayar 3.500) kami menuju ke terminal yang akan membawa kami ke Borobudur..kami menunggu sekitar 30 menit dan akahirnya busa yang akan membawa kami tiba, dan butuh sekitar 40-60 menit untuk tiba di kawasan borobudur, dan itu kami harus menyambung kendaraan lain ataupun delman, dan kami memutuskan naik delman, dan patungan dengan orang lain.

Setelah membayar tiket masuk, akhirnya kami sampai ke borobudur ( ya…tadinya Cuma bisa liat di buku ATLAS waktu jaman SD dulu,wkwkwkwkk..) karena kami tiba pas tengah hari, matahari terasa pas di atas kepala..so hot…kami hanya di borobudur sektar 2 jam..krn kami akan siap-siap untuk berangkat.

Pukul 07 malam dengan menggunakan mobil travel (kapsitas 10 orang) kami menuju bandung, tapi karena masalah di jalur normal, sebelumnya kami di informasikan kalo perjalanan akan membutuhkan waktu 4 jam lebih lama dari biasanya karena kami mesti lewat jalur cirebon, pada awalnya kami berangkat dengan 4 orang di tengah perjalanan akhirnya sisa kami ber 3, saya, adik saya dan supir..hitung” serasa mobil sendiri..perjalanan selam 7-8 jam sangat tersiksa bagi saya…Ampun…selama perjalanan saya melihat kota-kota yang sama sekali belum pernah saya dengar sebelumnya..seperti Pati, dan lain-lain

Bandung Kota Dengan Penuh Kesan

Setelah ,menempuh perjalanan panjang perjalanan Backpacker kami selesai, kami tiba di bandung pukul 8 atu 09 pagi, dan rencana kami akan bertemu keluarga yang berangkat dari makassar via jakarta…dan sebelumnya telah reservasi di Hotel Aston Braga..akhirnyyaaaaa…

Sambil menunggu waktu check in dan  keluarga datang pukul 02 siang, saya dan adik memutuskan ke ciamplas, ciwalk, dll untuk jalan-jalan dengan angkutan umum..kami mencoba beberapa jajanan pinggir jalan khas bandung..

Akhirnya kami bertemu dengan keluarga dan waktu check in sudah status ok, kami menuju kamar kami, pada waktu itu kami mengambil type kamar aparteman (isi 3 kamar plus living room dan kitchen), sangant terasa nyaman dan berbanding terbalik ketika di jogja…wkwkwkwk

Daerah Braga yang saya lihat adalah daerah kota dengan bangunan model lama dan klasik, hotel yang kami tinggali berada satu bangunan dengan mall braga, sehingga akses makanan dan bioskop sangat dekat..,selama di bandung kami mengunjungi beberapa tempat untuk wisata kuliner maupun untuk ke dago berbelanja baju…btw ketika dibandung bertepatan piala dunia 2010, waktu itu pertandingan Jerman Vs Agentina, saya sempat menyempatkan nontong bareng di salah satu ruangan hotel…saya pendukung argentina..dan mayoritas yang lain pendukung Jerman, tidak bisa dipungkiri kekecewaan ketika argentina dibanta 4-0 oleh jerman…so sad…

Setelah 2 hari 3 malam kami di bandung, kami memutuskan untuk berangkat ke Jakarta sebelum kami kembali kemakassar, terbesit keinginan pada waktu itu untuk kembali kebandung suatu saat nanti ( akhirnya kesampaian juga tahun 2012 kemudian )

Jakarta Ketemu lagi

Setelah kami menempuh perjalan selama 4 jam dari bandung dengan mobil travel yang kami carter, kami tiba dijakarta dan memilih tinggal diHotel aston daerah kuningan…dijakarta kami hanya ke pusat-pusat perbelanjaan untuk sekedar cuci mata, maupun berbelanja, jakarta sendiri bukan daerah baru buat saya, karen selain sudah beberapa kali kesana, saya juga pernah tinggal kurang lebih 8-9 bulan untuk kuliah…

Dan  akhirnya..home sweet home

Setelah menempuh perjalanan sekitar 8-9 hari yang melelahkan akhirnya tiba kembali di makassar..pengalaman yang tidak terlupakan, dan suatu saat akan mengulagi lagi…