Kebun Raya Bogor yang Asri

Kebun Raya Bogor Jawa Barat РAdalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Memiliki luas mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun Raya Bogor pada awalnya merupakan bagian dari hutan buatan yang diduga telah ada pada pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, 1474-1513) dari Kerajaan Sunda. Hutan buatan tersebut difungsikan untuk keperluan menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat memelihara benih benih kayu yang langka.  Hutan ini kemudian dibiarkan setelah Kerajaan Sunda takluk oleh Kesultanan Banten, hingga Gubernur Jenderal van der Capellen membangun rumah peristirahatan di salah satu sudutnya pada pertengahan abad ke-18.

7

Kebun Raya Bogor memiliki banyak fasilitas yang memiliki fungsi dan keunikan masing-masing. Taman Meksiko memiliki koleksi tanaman khas gurun seperti kaktus. Koleksi Tanaman Air memiliki berbagai jenis teratai dan tanaman air lainnya yang indah dipandang. Bagi pencinta anggrek, terdapat Griya Anggrek (Orchid House) yang memiliki koleksi tanaman anggrek, baik hibrida maupun murni, yang juga dapat Anda beli untuk ditanam di rumah. Terdapat pula toko yang menjajakan sovenir khas Kebun Raya Bogor.

8
Di Kebun Raya Bogor juga terdapat Kafe Dedaunan yang terletak di pusat Kebun Raya Bogor. Selain kafe ini, terdapat pula kios-kios yang menyajikan makanan kecil dan berat yang terletak di berbagai lokasi di Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor sangat dekat dengan lokasi penyelenggaraan Semirata 2014 dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Pada hari Sabtu dan Minggu, kendaraan bermotor dilarang memasuki area Kebun Raya Bogor.

Kebur Raya Bogor yang luasnya 18 hektar tentulah sangat cocok untuk wisata jalan kaki. Bisa-bisa kita sudah merasa lelah sebelum mengunjungi semua obyek yang ada di dalamnya. Belum lagi kalau tersesat. Tapi kalau tahu rute atau jalur yang tepat, kita bisa mengunjungi hampir semua obyek dan menghemat tenaga. Maka dari itu penting untuk mencari obyek yang ada beserta rute yang akan kita tempuh di pusat informasi.