Keindahan Batu Susun di Pantai Lakea

Pantai Lakea Sulawesi Tegah – Obyek wisata dengan pantai yang bersih ini memiliki landmark yang sangat khas yaitu berupa batu berbentuk unik seperti keripik atau biskuit. Kawasan Pantai Lakea ini masih jarang tersentuh dan masih terjaga keasriannya.

3
Obyek wisata bahari yang lain yang bisa kita jumpai di kabupaten Buol dengan panorama alamnya yang menarik diantaranya adalah pantai berpasir putih Pulau Busak, Pulau Boki dan Pulau Raja. Selain memiliki potensi wisata bahari, Kabupaten Buol juga memiliki obyek wisata alam yaitu pemandian air panas di Desa Pinamula, Kecamatan Momunu.

Pantai Lakea sangat indahdengan landmark yang khas berupa batuankarang bersusun yang oleh masyarakat setempat di sebut batu susun, berjarak kuranglebih 30 km dari kota Buol, Sulawesi Tengah.Kota Buol sendiri berjarak sekitar 600 km dariPalu dan Manado, Karena lokasinya yangcukup jauh ini maka pantai ini belum banyak dikunjungi para wisatawan, apalagi promosiwisata yang dilakukan masih sangat kurang.Keindahan pasir putih akan semakin memikat ketika laut surut.

4

Untuk menuju Pantai Lakea dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat dari kota Buolyang memakan waktu kurang lebih 1 jam. Untuk mecapai Kota Buol dapat dilakukan melalui beberapa alternative rute perjalanan, melalui perhubungan udara ke bandara Pogogul dengan pesawat Merpati sekali seminggu dari Manado, Gorontalo atau Palu.Buol memiliki empat pelabuhan. terletak di Desa Lamadong, Kecamatan Momunu.Pelabuhan laut Buol masing-masing Pelabuhan Leok, Paleleh, Kumaligon, dan yang terbesar sebagai pelabuhan utama lalu lintas penumpang dan barang.