Kerak telor (Makanan Khas Jakarta)

Kerak telor adalah jajanan tradisional asli Daerah Ibukota Jakarta yang terutama dipopulerkan oleh etnis Betawi, jajanan ini di buat dengan campuaran beberapa bahan beras ketan putih, telur ayam, udang kering yang diasinkan dimasak sangrai kering serta penambahan bawang merah goreng, dengan bumbu-bumbu diantaranya kelapa disangrai, cabai merah, jahe, kencur, merica butiran, gula pasir serta garam yang dihaluskan. Benar-benar gampang didapati di pasar malam atau waktu moment Minggu Raya Jakarta di buka. Bagaiman membuatnya? Simak resepnya di Langkah Bikin Kerak Telor Khas Jakarta Gurih serta Enak.

Kerak telor

kerak

Untuk orang-orang betawi sendiri Makanan Kerak Telor adalah masakan pokok yang senantiasa tak ketinggalan. makanan ini dari dahulu turun-temurun dilestarikan hingga saat ini.Langkah Gampang Bikin Kerak Telor, walaupun makanan ini simple namun terasa demikian nikmat serta lezat. nah untuk anda yang di rumah mau memcoba untuk membuatnya tersebut bakal saya berikanlah Resep serta Langkah Pembuatan Kerak Telor Betawi :
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kerak telor  :

500 gram beras ketan putih, rendam air dingin dahulu semalaman
10 butir telur (telor) ayam, dikocok
100 gram ebi, rendam air panas lalu ditumbuk serta sangrai kering
6 sendok makan bawang merah goreng
Bumbu yang dihaluskan :

150 gram kelapa, diparut serta sangrai
5 buah cabe merah
4 cm kencur
3 cm jahe
1 sendok teh merica butiran
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir

lor

Langkah Bikin Kerak Telor Khas Jakarta Gurih serta Enak :

Siapkan penggorengan (wajan), panaskan minyak, lalu tumis bumbu-bumbu yang telah dihalus sampai keluar aroma harum.
Rendamlah beras ketan putih dengan air sepanjang semalam, lalu tiriskan.
Siapkan lagi wajan cekung. Masukkan 1, 5 sdm beras ketan putih. Tuangi dengan 3 sdm air bekas rendaman beras ketan. Biarlah bahan sampai 1/2 kering.
Kocoklah kombinasi bahan sebutir telur bebek, 1/2 sdt bumbu yang sudah dihaluskan, 1/2 sdt ebi (udang kering yang diasinkan), 1/2 sdm bawang merah goreng, 1/8 sdt garam, serta 1/8 sdt gula pasir.
Tuang kombinasi bahan diatas ke dalam ketan. Aduklah sembari diratakan didalam wajan. Diamkan sampai masak sembari ditutup. Balikkan wajan penggorengan menghadap ke bawah diatas bara api. Tunggulah sampai masak, alu angkat.
Taburi dengan kelapa yang sudah disangrai serta bawang merah goreng.
Kerak Telor Khas Jakarta siap di sajikan, nikmati pada saat panas/hangat.
Gampang kan? Tertarik untuk bikin sendiri Kerak Telor anda? Selamat coba serta berkreasi.