Keraton Yogyakarta (Cerminan Kosmologi Jawa)

Keraton Yogyakarta merupakan suatu kompleks besar yang dirancang dengan cermat untuk cerminan kosmologi Jawa. Inilah contoh arsitektur tradisional Jawa yg tidak ada bandingannya. Dirancang serta di bangun dengan cara bertahap sampai usai tahun 1790.

Paviliun Kompleks Keraton Yogyakarta di bangun menurut keyakinan kuno serta masing-masing feature kompleks seperti halaman sampai pohon mempunyai makna simbolis spesial terkait dengan filsafat Jawa yang kompleks.

Kraton_Yogyakarta_Pagelarankeraton sebagai ikon yogyakarta
Keraton ini di bangun menghadap segera ke arah utara Gunung Merapi. Dibagian Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia yang dipercaya untuk rumah Nyi Loro Kidul, Ratu Laut Selatan serta dikira untuk permaisuri mistis sultan. Jalan Malioboro awalannya dipakai untuk rute upacara serta membuat suatu garis lurus yang ditarik dari istana ke Gunung Merapi.

keraton yogyakarta alamat
Suatu alun-alun menghadap istana dengan pohon beringin besar di tengahnya, sesaat di belakang istana juga ada alun-alun sama. Saat sultan wafat, maka bakal diselenggarakan arak-arakan dimulai dari gerbang selatan menuju makam beberapa raja di Imogiri.

Istana ini dirancang kian lebih sebatas rumah kerajaan namun juga untuk jadi titik pusat dari aktivitas sultan. Waktu ini, Keraton yaitu sisi dari histori hidup serta kebiasaan orang-orang Jawa. Dipakai tak hanya untuk rumah sultan juga untuk acara kebudayaan serta upacara utama Keraton Yogya.

keraton yogyakarta complex keraton yogyakarta is

Sultan Hamengkubuwono X terus jadi penguasa serta yang memiliki gelar Sultan Yogya walau Yogya sudah jadi satu diantara propinsi yang istimewa dalam Republik Indonesia. Sultan Yogya juga sekalian adalah gubernur propinsi Yogyakarta. Sampai saat ini sultan tetap dikira untuk kepala budaya di Yogyakarta serta benar-benar di cintai oleh rakyatnya.

keraton yogyakarta lokasi kraton yogyakarta bahasa inggris

Walau dengan modernisasi yang dihadapi Yogyakarta tetapi Keraton Yogya terus dihormati orang-orangnya yang memahami mistisisme serta pengetahuan filsafat. Sore hari sesudah keraton tertutup untuk pengunjung, beberapa wanita dengan kostum tradisional Jawa tampak tengah menyiram air serta bunga di pilar-pilar keraton serta menyalakan dupa untuk ” bersihkan ” keraton dari roh jahat.

lambang keraton yogyakarta sejarah keraton yogyakarta lengkap

Panduan Saat Berada Di Kraton

• Lantaran ini merupakan tempat sakral baiknya Anda kenakan pakaian yang sopan serta tak menggunakan topi didalam keraton tersebut .
• Pertunjukan latihan gamelan serta tarian tradisional berjalan sepanjang minggu.
• Hari Minggu paling akhir tiap-tiap bulan diselenggarakan pertunjukan wayang kulit di istana.