Keunikan Pura Lingsar Di Lombok Barat

 Pura Lingsar ada di Desa Lingsar, Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Pura ini yaitu pura paling besar di Lombok. Di bangun dari 1741 oleh Raja Anak Agung Ketut Karangasem serta dianggap pura yang paling suci di Lombok. Uniknya, pura ini paduan antara niali-nilai agama Hindu serta Islam Wetu Telu. Latar belakang inilah sebagai daya tarik utama Pura Lingsar. Oleh karena itu lokasi pura ini terdiri menjadi dua. Dibagian utara ada pura Hindu bernama Gaduh, sedang dibagian selatan berdiri pura Weku Telu bernama Kemaliq.
Pura-Lingsar3
Pura dengan luas 26 hektar ini benar-benar perlihatkan harmonisasi pada agama Islam serta Hindu. Hingga tidak heran bila ritual 2 agama itu bisa berjalan berdampingan tiada terjadi gesekan. Untuk lambang melindungi kesucian pura ini maka setiap pengunjung diharuskan untuk memakai selendang kuning untuk tanda penghormatan. Meski senantiasa dipakai untuk melaksanakan ibadah dua agama yang tidak sama tetapi dalam satu tahun sekali ada upacara yang melibatkan umat Hindu serta Islam di pura ini. Upacara itu bernama Perang Topat. Dalam ritual ini mereka “berperang” menggukana topat atau ketupat yang dilemparkan pada sesama rekannya. Maksud dari perang ini yaitu untuk tanda bersyukur atas rezeki yang senantiasa dilimpahkan oleh Tuhan. Perang Topat umumnya dikerjakan pada sebelum musim tanam pagi serta setelah musim penghujan.

Tak hanya ritual-ritual yang unik, Anda juga mesti menjelajahi tempat ini. Tak hanya pura Gaduh serta Kemaliq, di Pura Lingsar ada kolam yang di bangun untuk menghormati Dewa Whisnu dengan luas 6. 230 meter persegi. Kolam bernama Telaga Ageng ini ditempati ikan yang bila tak di panggil keluar tidak akan memperlihatkan diri. Pengunjung mesti melemparkan telur ayam rebus supaya ikan-ikan itu keluar. Telaga Ageng memiliki 9 pancuran yang airnya akan memancar ke dalam kolam. Di dasar kolam Anda akan melihat banyak duit koin yang berantakan. Uang-uang itu dilempar oleh pengunjung. Konon katanya setiap pengunjung yang melempar koin ke dalam kolam bakal memperoleh keringanan rezeki dari Tuhan.
6F2
Untuk berkunjung ke Pura Lingsar, Anda dapat menumpang angkutan umum dari terminal Bertais menuju Narmada dengan biaya Rp. 3000. Setelah itu dari Narmada menuju Pura dengan biaya yang sama.