Kota Malang di Jawa Timur

Malang Jawa Timur – Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur dan berada di dataran tinggi, berjarak 90 Km dari Kota Surabaya. Karena letaknya yang tinggi, kota ini memiliki udara yang sejuk dan nyaman untuk dikunjungi maupun ditinggali.

1
Kota Malang adalah ibukota awal dari kabupaten Malang, tapi sejak tahun 2008, Kota Kepanjen adalah ibu kota tetap berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2008.

Kabupaten Malang berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain seperti: Kabupateng Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu dan Kabupaten Pasuruan di Utara; Kabupaten Lumajang di Timur; Samudera Hindia di Selatan; dan Kabupaten Blitar dan kabupaten Kediri di Barat.

Malang adalah salah satu kabupaten bersejarah dalam lingkup sejarah Singhasari, dimana setelah Ken Arok membunuh Akuwu Tunggul Ametung dan menikahi istrinya, Ken Dedes, pemerintahan kerajaan Singhasari berpindah ke Malang, yang sebelumnya berada di Tumapel.

2
Dari tonggak sejarah tersebut, terdapat beberapa peninggalan yang bisa di manfaatkan sebagai obyek pariwisata Malang seperti, candi. Selain itu, karena terletak di daerah pegunungan yang sejuk, Malang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan dari sekitar Surabaya dan beberap kota dengan keadaan suhu yang panas untuk sekedar berekreasi ataupun menginap. Terdapat beberapa obyek wisata yang banyak dikunjungi di Malang, seperti air terjun, perkebunan, pantai atau bahkan tempat-tempat untuk berwisata kuliner.