Kota Singkawang di Kalimantan Barat

Kota Singkawang Kalimantan Barat – Kota ini pada mulanya adalah sebuah desa bagian dari wilayah kesultanan sambas. Desa ini merupakan tempat persinggahan para pedagang yang kebanyakan berasal dari China. Populasi penduduk dari Kota Singkawang sendiri setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Mayoritas penduduk di Kota Singkawang adalah orang Hakka/khek dan selebihnya adalah pendatang dari jawa, dayak dan melayu.

3
Beberapa pilihan tempat wisata di Singkawang yang dapat menarik perhatian Anda :

1. Sinka Island Park

Salah satu tempat tujuan tempat wisata di Kota Singkawang yang tergolong baru ini terletak di kawasan Teluk Karang atau Teluk Ma’jantuh. Sinka Island Park ini berjarak 3 km dari Pontianak – Singkawang. Tempat ini sendiri merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai macam fasilitas yang menarik, seperti delman, maupun kuda yang dapat disewa oleh berbagai pengunjung di Sinka Island Park. Terdapat juga Kolam renang, kantin, dan masih banyak fasilitas lainnya.

2. Sinka Zoo

Sinka Zoo ini terletak satu kawasan dengan Sinka Island Park dan menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Singkawang. Keunikan dari kebun binatang ini adalah ketika anda berjalan mengelilingi kebun binatang ini anda akan melihat keindahan laut dari atas gunung.

3. Taman Bukit Bougenville

Taman Bunga yang berlokasi di Desa Sijangkung dan jaraknya kira kira sekitar 7 km dari Kota Singkawang. Luas Taman Bougenville ini mencapai 1,6 hektar, walaupun yang menjadi khas taman ini adalah bunga bougenvillenya, namun masih terdapat banyak beragam macam bunga yang lain yang dapat anda jumpai. Anda dapat berfoto di taman bougenville ini karena keindahan tempatnya yang akan membuat anda serasa di Luar Negeri.

4. Pasar Hong kong

Ketika anda merasa lapar setelah beberapa jam berjalan atau berak   tifitas, datang saja ke pasar Hong Kong. Pasar Hong Kong sendiri merupakan sebutan dari orang – orang Singkawang untuk jalan bawal dan sekitarnya pada malam hari. Ketika pagi dan siang hari tempat ini hanya jalan biasa  yang di padati oleh kendaraan umum. Di pasar Hong Kong anda dapat menikmati jajanan murah dan yang pasti mengenyangkan dan banyak pilihan.

5. Pantai Pasir Panjang

Pantai ini menjadi salah satu daya tarik tempat wisata di singkawang. Di pantai ini anda dapat menyewa speed boat dan perahu perahu kecil untuk menuju ke pulau Kabung dan pulau Rendayan yang berada di sekitar pantai Pasir Panjang.

4
Nah masih banyak lagi tujuan tempat wisata di singkawang yang belum terekspos, Semoga anda tertarik dan bisa menikmati tempat wisata di singkawang untuk berlibur.