MELIHAT EKSOTISME PAPUA DI LEMBAH BALIEM

Apakah anda menganggap bahwa wilayah Papua tidak menarik? Pasti anda akan menarik pendapat tersebut saat anda mengunjungi sebuah lembah yang begitu indah dan cantik yang disebut Lembah Baliem. Harusnya lembah Baliem masuk dalam list liburan anda.

BACA : 3 Suku Penghuni Lembah Baliem Papua

Sekilas lembah ini terlihat mirip dengan lembah lembah hijau yang ada di luar negeri. Jadi anda tidak perlu jauh-jauh berpergian ke luar negeri hanya untuk menikmati pemandangan spektakuler lembah hijau ini.

LOKASI LEMBAH BALIEM

Gambar : dream.co.id

Lembah Baliem adalah lembah di pegunungan Jayawijaya. Lembah Baliem berada di ketinggian 1600 meter dari permukaan laut yang dikelilingi pegunungan dengan pemandangannya yang indah dan masih alami. Tepatnya di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Suhu di tempat ini bisa mencapai 10-15 derajat celcius pada waktu malam hari.

Lembah ini terkenal juga sebagai Grand Baliem Valley merupakan tempat tinggal suku Dani yang terletak di Desa Wosilimo, 27 km dari Wamena, Papua. Selain Suku Dani beberapa suku lainnya hidup bertetangga di lembah ini, yakni Suku Yali dan suku Lani.

BACA JUGA : NOKEN, KERAJINAN KHAS FUNGSI DAN FILOSOFI MASYARAKAT PAPUA

SEJARAH LEMBAH BALIEM

Eksotisme Lembah Baliem
Gambar : merahputih.com

Lembah Baliem ditemukan secara tidak sengaja, ketika Richard Archbold, ketua tim ekspedisi yang disponsori oleh American Museum of Natural History melihat sebuah lembah hijau luas dari kaca jendela pesawat pada tanggal 23 Juni 1938.

Tempat ini menawarkan wisata perjalanan yang amat unik bagi Anda. Anda tidak saja akan menjumpai saudara-saudara kita yang memang masih mempertahankan kebudayaan mereka dan masih mengenakan koteka, tetapi Anda juga bisa melihat berbagai pemandangan menarik atas rumah-rumah asli, yang disebut rumah honai.

Untuk menikmati itu semua lebih baik disarankan Anda melakukan perjalanan berjalan kaki lintas alam langsung ke desa-desa di Lembah Baliem. Untuk itu Anda harus mencapai terlebih dahulu Sogokmo dengan kendaraan umum, jauhnya sekitar 15 kilometer dari Wamena. Dari sini Anda bisa mendaki gunung ke desa-desa Holesi, Seinma, dan Ninia.

Jika anda mendaki pegunungan Jayawijaya, beberapa kilometer dari Sogokmo, Anda akan menyeberangi padang rumput dan menyeberangi Sungai Baliem lewat jembatan gantung. Hal ini akan menjadikan pengalaman berlibur anda begitu berkesan. Selain bisa melihat lembah Baliem yang hijau anda juga bisa mengunjungi sebuah gua yang sangat panjang, Gua ini disebut dengan Gua Lokale, Gua yang berlokasi tak jauh dari tempat festival Lembah Baliem berlangsung, yaitu di Desa Wosilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua ini disebut sebut sebagai gua terpanjang di dunia karena gua ini tidak memiliki ujungnya.

RUTE LEMBAH BALIEM

Gambar : Superadventure.co.id

PETA LEMBAH BALIEM KLIK : Rute Lembah Baliem

Untuk mencapai Lembah Baliem Anda bisa terbang dari Jakarta, Makassar, atau Bali ke bandara Sentani Jayapura, kemudian teruskan penerbangan ke Wamena. Beberapa perusahaan penerbangan yang melayani antara lain Express Air, Trigana Air Service, Wings Air ataudengan layanan komersial jenis Cessna seperti Susi Air, MAF Aviation, dan AMA Aviation. Semua menyediakan perjalanan balik dari Wamena ke Jayapura. Setelah itu mulai dari sini Anda dapat langsung ke pusat Bukit Baliem pada hari yang sama.

Terdapat berbagai agen perjalanan yang secara teratur mengantarkan para wisatawan menuju ke lembah Baliem yang asri. Anda tak perlu risau akan tidur dimana disaat suhu dingin lembah Baliem. Ada banyak hotel dan penginapan yang sesuai dengan budget anda. Mulai dari hotel bintang satu ataupun losmen tradisional.

Sekedar rekomendasi hotel yang cocok dengan anda misalnya,

>Hotel Baliem Pilamo

>Hotel Rainbow Inn

>Hotel Syahrial Makmur

>Dan hotel lainnya.

Ada juga penginapan yang juga memiliki pelayanan baik seperti,

>Penginapan Tradisional Obia

>Losmen Lauk Inn

>Penginapan Anemangi Kurulu

>Penginapan Sompaima

>Penginapan Tradisional Usilimo

Itu beberapan referensi wisata Lembah Baliem. Sebaiknya anda mempersiapkan perlengkapan dan kebutuhan yang mencukupi saat berwisata kesana. Agenda rutin yang selalu menjadi daya Tarik wisatawan adalah Festival Lembah Baliem, jangan sampai anda lewatkan.

Comments
  1. Max

    Mantab, terimakasih infonya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *