Liburan Ke Maribaya

Maribaya terletak di samping utara kota Bandung. Tepat nya ada di samping timur Lembang. Lokasi ini dahulu populer dengan pemandian air panas nya. Namun waktu ini yang masih populer yaitu alam nya yang masih asri serta menyatu dengan lokasi Taman Hutan Raya Djuanda.

262

Untuk menuju kesini bisa dari arah kota Bandung atau bisa juga dari arah kota Subang. Saya berniat ambil yang dari kota Subang lantaran memanglah sekalian ingin ke Tangkuban Parahu. Jalur ini memanglah jadi jalur alternatif menuju Bandung serta panorama di kiri kanannya yang enak dipandang.
Dari info yang didapat, baik berbentuk tulisan atau gambar dari internet, Maribaya yaitu lokasi wisata alam yang dulunya populer dengan pemandian air panasnya. Namun waktu ini yang paling di kenal yaitu ada curug/air terjun yang ada di sebagian tempat di lokasi ini. Juga situasi yang masih alami dengan pohon-pohon yang tinggi serta sudah pasti hawa yang fresh.
Saat ini perjalanan rencananya akan melalui jalur tol Cikampek – Cipularang – keluar di Sadang. Dari Sadang – Subang – Ciater – Lembang. Jalur ini umumnya jadi jalur alternatif ke Bandung, tak hanya melalui tol Cipularang langsung ke Bandung. Disamping karena untuk hindari kemungkinan macet di Cipularang – waktu saya pergi ini yaitu long weekend – juga di jalur ini pemandangannya bagus serta yang lebih penting lagi dekat dengan lokasi yang bakal kami tuju.

Perjalanan di tol Cikampek lancar. Ada sedikit kepadatan di sebagian tempat, namun biasanya lancar. Begitupun di tol Cipularang keluar di Sadang, perjalanan lancar. Sesaat jalur Sadang ke Subang biasanya lancar. Hanya terkadang mesti mengurangi kecepatan dikarenakan ada jalan yang menyempit atau rusak. Atau juga karena angkot yang jalannya agak pelan serta terkadang berhenti mendadak

sandy-wijaya-pagi-di-curug-maribaya

Perjalanan mulai mengasyikan waktu melintas dari kota Subang menuju ke Ciater. Jalanan yang naik turun enak dilalui lantaran mulus. Panorama di kiri kanan juga enak dipandang. Banyak penjual buah nanas yang menggantungnya di depan kios yang memang adalah ciri khas jalanan sini. Buah nanas dari Subang, tepatnya di sekitar Jalan Cagak populer berupa besar, airnya banyak serta manis.