Masjid Cheng Ho di Surabaya

Masjid Cheng Ho Jawa Timur – Merupakan masjid pertama di Indonesia yang memakai nama Muslim Tionghoa dan menjadi simbol perdamaian umat beragama. Nama masjid ini adalah bentuk apresiasi kepada Cheng Ho, laksamana asal Cina yang beragama Islam. Ia melakukan perjalanan ke kawasan Asia Tenggara untuk melaksanakan beberapa misi, diantaranya berdagang, menjalin persahabatan, serta menyebarkan ajaran agama Islam.
19
Pembangunan Masjid Cheng Ho atau yang juga disebut dengan nama Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya bertepatan dengan Isra’ Miraj Muhammad SAW yakni pada 15 Oktober 2001. Proses nya memakan waktu satu tahun dan baru selesai seluruh bagiannya pada Oktober 2002. Masjid ini didirikan atas prakarsa para sesepuh, penasihat, pengurus Pembina Imam Tauhid Islama (PITI), pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur, serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya.
20
Bagian atas bangunan yang bertingkat tiga adalah pengaruh Hindu Jawa. Bentuknya segi delapan dan menyerupai pagoda. Dalam kepercayaan Tionghoa, angka 8 berarti ‘Fat’ atau  keberuntungan. Di bagian serambi masjid terdapat lima buah anak tangka yang merepresentasikan Rukun Islam. Sedangkan enam buah anak tangga di bagian dalam masjid merepresentasikan Rukun Iman. Secara keseluruhan, Masjid Cheng Ho dapat menampung 200 orang jamaah.

Di bagian dalam kompleks masjid terdapat sekolah TK, lapangan olahraga, kantor, serta tempat kursus bahasa Mandarin, dan kantin. Sehingga pengunjung, khususnya masyarakat yang tinggal di sekitar masjid, dapat merasakan manfaat tambahan dari tempat ini. Selain aktif digunakan sebagai tempat ibadah harian dan saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, berbagai kegiatan sosial seperti distribusi sembako mudah, donor darah juga kerap diadakan di sini.

Masjid Cheng Ho berada di Jalan Gading No. 2, Ketabang, Genteng, atau kurang lebih 1.000 meter ke arah utara utara Gedung Balaikota Surabaya. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat memilih Jalan Taman Kusuma Bangsa, dan melewati Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. Masjid ini berlokasi di area komplek gedung serba guna PITI  Jawa Timur.