Membuat Sop Konro

 Konro adalah satu diantara masakan khas yang banyak di cari beberapa turis domestik ataupun mancanegara saat berkunjung ke Kota Makassar. Berisi bukan hanya daging sapi, akan tetapi tulang iga. Mau dibakar atau di rebus biasa didalam kuah sup, tulang iga ini tetap enak disantap.
sop-konro
Dengan memercayakan tulang iga yang masih memuat segelintir daging di dalamnya, masakan ini disulap keluarga besar H Hanaping jadi satu diantara menu khas Kota Anging Mamiri sampai populer ke seantero negeri. Bukan hanya cita terasa yang menggoda, variannya juga menarik untuk dicicipi. Ada yang tulang iganya dibakar berbarengan siraman bumbu kacang, ada juga yang langsung di rebus berbarengan kuah seperti sup konro biasanya.

RESEP SOP KONRO ENAK KHAS MAKASSAR ASLI. Sop Konro yaitu Masakan khas daerah Makassar yang di sajikan berbentuk sop berkuah khusus ataupun dibakar dengan beberapa bahan dasar seperti tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak atau dibakar dengan bumbu ketumbar, jinten, sereh/serai, kaloa, bawang merah, bawang putih, garam, vetsin yang telah dihaluskan. Sop Konro biasanya di sajikan serta dimakan bersama nasi putih pans serta sambal pedas. Nikmati makanan ini di sekitar Karebosi serta jalan Ratulangi. Berikut ini resep sop konro istimewa yang dilengkapi dengan cara mudah bikin sendiri :

BAHAN :

1 kg iga sapi, potong-potong
2 ltr air
2 cm kayu manis
3 butir cengkeh
3 cm lengkuas, dimemarkan
2 lembar daun salam
2000 ml air
3 sdm minyak goreng untuk menumis
½ sdm garam
5 butir bawang merah, irislah tipis
2 sdm air asam jawa

BUMBU DIHALUSKAN :

5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt merica bulat
½ sdt pala
2-3 buah kluwek, ambillah dagingnya
50 gr kacang merah di rebus matang
1¼ sdm garam
sop-konro2
CARA MEMBUAT SOP KONRO KHAS MAKASSAR ASLI :

Rebus iga, kayumanis, cengkeh, daun salam, lengkuas dan garam serta air asam jawa.
Tumis bumbu halus serta bawang merah irislah sampai harum.
Tuangkan tumisan bumbu ke dalam rebusan iga serta masak hingga bumbu meresap serta iga masak.
Hidangkan panas dengan sambal serta air jeruk nipis