Mencicipi Kehidupan Petani di Desa Wisata Ciburial

Desa wisata Ciburial Jawa Barat – Desa ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda untuk ber-agro-eko-wisata. Desa Ciburial menghadirkan pengalaman langsung mengenai kehidupan di daerah pertanian. Anda akan memperoleh kesempatan untuk melihat dan melakukan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh para petani di Desa Ciburial.
17DiĀ Desa Wisata Ciburial Anda juga dapat menyaksikan peternakan lebah yang menghasilkan madu berkualitas. Sejumlah petani di Kampung Cikurutug, Desa Ciburial beternak lebah yang menghasilkan madu yang sungguh lezat. Ada puluhan pembudidaya lebah madu di Desa Ciburial dan telah berjalan selama puluhan tahun. Dalam sebulan peternak lebah madu Desa Ciburial bisa menghasilkan satu kuintal madu. Dalam setahun, musim kembang bisa dua kali. Lebah paling suka mengerubungi bunga kaliandra, bunga rumput, kecubung, dan baruntas. Selain dengan cara diternak, para petani juga biasa mengambil langsung lebah liar dari hutan.
18Madu-madu yang diproduksi dikemas dalam botol berbagai ukuran. Satu botol ukuran 630 milimeter dijual dengan 75.000 rupiah, sedangkan untuk ukuran botol kecil 300 milimeter seharga 40.000 rupiah. Produk madu Desa Ciburial ini sudah dipasarkan di Bandung, Jakarta, Sumatera, Kalimantan, hingga Malaysia. Rasanya yang lezat dan berkhasiat untuk kesehatan, membuat madu dari Desa Ciburial banyak diminati. Selain menjual madu, peternak lebah madu di Desa Ciburial ini juga memfasilitasi mereka yang ingin tahu cara beternak lebah. Ada paket belajar selama seminggu bagi masyarakat umum untuk mempelajari budidaya lebah madu.

Aktivitas yang paling menarik dan menantang di Desa Wisata Ciburial adalah bermain dengan lebah. Para peternak mempersilakan kepada siapa pun yang berminat merasakan sensasi kepala dan tubuhnya dikerubuti lebah. Bagaimana, tertarik? Justru banyak yang datang ke desa ini ingin merasakan dikerubuti lebah. Syarat utamanya adalah jangan ragu. Sampai saat ini belum ada yang celaka karena tubuhnya dikerubuti ribuan lebah.

Selain itu, di sekitar bukit Ciburial terdapat wisata kuliner, wisata seni di Selasar Soenaryo dan Galery Sujana Kerton, Wisata Rohani Pesantren Al-Quran Babussalam, Kelompok Peternak Lebah Madu Babussalam, Tibbun Nabawi Babussalam, dan Pabrik Tahu Babussalam. Desa Ciburial mempunyai keindahan khas di malam hari yaitu pemandangan cekungan Kota Bandung dengan kelap kelip lampu di malam hari yang akan menarik orang untuk selalu kembali lagi.