Mengunjungi Kota Bandarlampung

Bandarlampung Lampung – Kota ini merupakan ibukota Propinsi Lampung , dulunya terdiri dari 2 kota yang disebut “Kota Kembar” yaitu Kota  Tanjungkarang dan Telukbetung (mencakup Kota Pelabuhan  Panjang), yang kemudian menjadi satu daerah Tingkat II dengan nama Bandarlampung. Jarak dari kota Jakarta kurang lebih 165 Km dengan kendaraan roda empat atau roda dua, tidak termasuk jarak perjalanan di laut (Teluk Lampung) yang memakan waktu paling lama selama 3 jam melalui laut, total lama perjalanan sekitar 5 sampai 6 jam dari Ibukota Jakarta, artinya kalau berangkat subuh sekitar jam 5 pagi maka akan sampai di Bandarlampung sekitar jam 10 atau paling lambat jam 11 siang.

7
Bagi anda dari Pulau Jawa atau pulau lainnya seperti Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT dan lain-lainnya, yang belum pernah menginjakkan kakinya di Pulau Sumatera, cobalah anda wisata ke kota ini, Bandarlampung adalah pintu gerbang Pulau Sumatera karena terletak di ujung paling selatan Pulau Sumatera. Jika anda kebetulan sedang bertugas atau ada urusan di Jakarta, maka wisata sehari ke Bandarlampung boleh juga anda coba. Lebih bagus kalau bisa 2 hari (week end, sabtu dan minggu), akan lebih banyak obyek wisata yang bisa anda kunjungi seperti misalnya melihat atraksi gajah main bola di Way Kambas – Lampung Timur, jaraknya cuma paling lama 2 jam perjalanan mobil dari Bandarlampung. Kalau anda suka atau hobby dan ingin membeli pakaian tradisional khas Lampung yang bernama Tapis yang mirip dengan kain songket Palembang, boleh anda kunjungi toko tapis di Pasar Bawah atau lebih dikenal sebagai Pertokoan Ramayana yang ber-lokasi di dekat stasiun kereta api Tanjungkarang atau terletak persis di tengah-tengah kota Tanjungkarang – Bandarlampung.

8

Kota Bandarlampung itu sebetulnya view nya sangat lengkap, karena dikelilingi oleh gugus pegunungan Bukit Barisan dan dibagian selatan dipagari oleh pantai yang membentang dari timur ke barat, jalan di dalam kota disana naik turun dan juga berliku, dibanyak tempat ada view langsung memandang ke laut, hal ini karena letak kota Tanjungkarang itu lebih tinggi dari kota Telukbetung dan Panjang yang kedua kota terakhir itu tidak jauh dari tepi pantai. Makanya di Bandarlampung ada banyak sekali obyek wisata pantainya, mulai yang gratis sampai yang dikenakan tiket masuk dan yang dikelola secara profesional juga ada, belum lagi tempat wisata alam Taman Hutan Kota, outbound dan waterboom. Satu diantara destinasi wisata yang wajib anda kunjungi adalah Bumi Kedaton Resort yang ada di kota Telukbetung – Bandarlampung, menyajikan perpaduan antara hutan, kebun binatang, waterboom dan kuliner. Salah satu obyek wisata pantai yang terkenal dan jaraknya cuma sekitar 3 km dari kota Panjang – Bandarlampung adalah Pantai Pasir Putih, air lautnya tenang karena dibentengi oleh 3 buah pulau kecil diseberangnya, kalau mau menyeberang ke pulau-pulau tersebut anda bisa menyewa perahu atau motor boat yang banyak disediakan disana. Untuk dunia hiburan malam seperti karaoke, panti pijat, cafe atau nightclub tersedia pada semua hotel yang lokasinya ditepi pantai atau yang punya view langsung ke laut, juga macam-macam sarana hiburan atau entertainment banyak terdapat disepanjang jalan tepi pantai antara kota Telukbetung dengan kota Panjang di Bandarlampung.

Soal harga atau biaya akomodasi wisata anda tidak perlu khawatir, Bandarlampung sejak dulu dikenal sebagai kota yang berbiaya hidup murah (rendah), disini soal makan, minum atau hiburan tidak ada yang terlalu mahal dan masih terjangkau untuk kantong anda yang biasa hidup di kota-kota besar di manapun di Indonesia, makanya banyak diantara para pegawai dari Pulau Jawa yang pernah bertugas disini, lebih memilih Bandarlampung untuk menghabiskan masa pensiunnya. Oh ya jangan ditanya soal gadis-gadis asli suku lampung yang biasa disebut “Muli Lampung” itu sudah terkenal kecantikannya, kulit halus, putih kekuningan dan umumnya bermata sipit seperti saudara kita WNI keturunan Tionghoa. Buah tangan atau oleh-oleh khas yang terkenal dari kota Bandarlampung adalah Kopi Cap Bola Dunia dan Keripik Pisang Suseno, tapi kalau anda senang minum kopi Netscafe, asal tahu saja di kota inilah terletak lokasi pabriknya.