Mengunjungi Kota Kupang

KotaKupang NTT – Kota ini adalah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terletak di barat daya Pulau Timor. Sebagai salah satu dari tiga pulau terbesar di Nusa Tenggara Timur, Pulau Timor sekarang ditempati oleh dua Negara yaitu Timor Leste yang baru melepaskan diri dari Indonesia, dan yang lainnya merupakan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Posisi Timor sangat menguntungkan dibagian selatan Indonesia karena menjadikan Kupang tempat transit kapal laut internasional.
12
Nusa Tenggara sendiri merupakan pulau di sebelah timur Bali dan Timor adalah pulau paling timur. Timor secara geografis berbeda dari Kepulauan Nusa Tenggara. Gunung api yang membentang dari Sumatera, Jawa, dan Kepulauan Nusa Tenggara, melewati Timor dan terus ke Maluku. Tidak seperti pulau-pulau di Nusa Tenggara lainnya, Timor secara geologis seperti Australia karena tidak memiliki gunung api.
11
Kota Kupang adalah titik yang disinggahi pada Sail Indonesia. Setiap tahun, ratusan kapal layar melintasi laut lepas bertolak dari Darwin, Australia ke Kupang dan pelabuhan lainnya di Kepulauan Indonesia hingga akhirnya berlabuh di Singapura. Sail Indonesia telah mengangkat nama Kupang sehingga dikenal dunia, mengingat ketenarannya pada awal abad kedua puluh. Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pun mempunyai potensi wisata yang asli dan menarik menjadikan tempat ini layak untuk dikunjungi.

Jika Anda yang mengunjungi Kupang, terutama setelah petualangan meletihkan di pedalaman maka di Kota Kupang tersedia fasilitas modern seperti telepon, koneksi internet, ATM. Begitu juga restoran, kafe, dan gerai souvenir tersedia untuk Anda sambangi dan beli sebagai oleh-oleh.

Kota Kupang dapat dicapai dengan pesawat atau feri. Bandara yang terdpat di sana adalah El Tari yang dulu disebut sebagai Landasan Penfui. Penfui secara harfiah berarti ‘ladang jagung’, karena kompleks landasan ini dikelilingi oleh ladang jagung. El tari menghubungkan Pulau Timor dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.