Menu

MUDAH!! INILAH SYARAT NIKAH SECARA ISLAM DI JEPANG

Kamu tertarik untuk melakukan pernikahan di Jepang secara Islami? Apakah kamu tahu, ternyata persyaratannya tidak terlalu rumit lho, khususnya bagi orang Indonesia. Nih WOWmin kasih tau.

Pertama, supaya pernikahan kita diakui oleh pemerintah setempat /Kuyakusho / Shisho dan imigrasi Jepang, kita sebagai calon pengantin diwajibkan menikah di catatan sipil konsuler KBRI menurut hukum Jepang yang berlaku.

Syarat yang perlu disiapkan dan harus ada serta dibutuhkan untuk menggelar pernikahan di KBRI Tokyo secara Islam adalah,

  • Surat permohonan ke KBRI atas nama penghulu KBRI Tokyo (disarankan agar menyertakan nomor telepon yang mudah dihubungi).
  • Fotokopi passport halaman foto,
  • Formulir N1 (surat keterangan untuk menikah),
  • N2 (surat keterangan asal-usul),
  • N3 (surat persetujuan mempelai),
  • N4 (surat keterangan tentang orang tua) dari kantor kelurahan sesuai KTP yang aktif.

Selanjutnya yang perlu disiapkan adalah fotokopi akte lahir / KK, surat ijin dari orangtua (untuk pengantin laki-laki) dan surat kuasa dari orangtua kepada penghulu KBRI (untuk pengantin perempuan).

Siapkan juga foto terbaru ukuran 2x3cm (2 lembar) dan foto 4×6 (1 lembar).

Dan bila salah satu dari calon pengantin adalah warga negara Jepang atau warga asing, maka berkas yang diperlukan adalah:

  • Fotokopi passport halaman foto,
  • Fotokopi KK (koseki tohon),
  • Surat ijin dari orangtua bagi pengantin laki-laki,
  • Surat kuasa dari orangtua pengantin perempuan ke penghulu KBRI
  • Surat keterangan belum kawin/cerai.

Setelah semua persyaratan sudah kita penuhi, semua syarat tadi kemudian dikirim melalui pos dan dialamatkan kepada Indonesian Embassy, 5-2-9 Higashi Gotanda Shinagawa-ku Tokyo 141-0022.

Pernikahan secara Islam biasanya akan diselenggarakan di KBRI Tokyo atau tempat lain. Dan ketika saat pelaksanaan akad nikah kita harus membawa dua orang saksi laki-laki muslim dewasa.

Untuk mendapat informasi lebih lengkap kita dapat menghubungi Sdr. Akhmad Munir di KBRI Tokyo Tel.03-3441-4201 Ext.222, atau lewat email ke : MUNIR@KBRITOKYO.JP.

Pelayanan pernikahan dan catatan sipil dibuka setiap hari dari pukul 09:30-11:30 kemudian 13:30-14:30 waktu setemat. Hal ini merupakan pelayanan bersama bidang Konsuler dan Imigrasi.

Kita bisa mendapat informasi tambahan tentang pernikahan catatan sipil dengan menghubungi petugas atau staf di KBRI. Atau bisa menghubungi kontak bidang konsuler di 03-3441-4201 Ext.428,433 dengan Ibu Avin dan Ibu Hesti.

Jika proses pernikahan catatan sipil telah rampung, maka kita dapat mengajukan proses selanjutnya yaitu pernikahan secara Islam.

Bagaimana, cukup mudah kan? Asal kita bisa memenuhi semua persyaratan yang ada, pasti tidak akan ada kendala dalam proses pernikahan kita. Bila masih belum jelas, bisa langsung menghubungi kantor KBRI Tokyo Jepang.

Dari semua syarat yang harus dipenuhi, syarat yang paling penting adalah PUNYA PASANGAN. Sudahkah anda punya pasangan, atau masih JOMBLO? Sabar ya sobatWOW, kalau di Joang sedang bekerja ya fokus dulu bekerja, kalo sedang kuliah ya fokus kuliah. Ingat pesan WOWmin ini

“JADILAH JOMBLO YANG BERMARTABAT”

BACA JUGA : APA ITU LAYANAN TEKOKI?

Oke, sekian sedikit info dari WOWmin tentang syarat menikah di Jepang bagi WNI, semoga bermanfaat ya…
Terima kasih.

No Responses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *