Museum Gula Gondang Winangoen

 Museum Gula Gondang Winangoen adalah Museum Gula Satu Satunya di Indonesia. Banyak daerah mempunyai pabrik gula. Namun cuma Klaten, Jawa Tengah yang mempunyai Museum Gula. Bermacam koleksinya bisa bikin kita kagum serta bangga. Museum Gula Jawa Tengah terdapat di lingkungan kompleks Pabrik Gula Gondang Baru Klaten, termasuk dalam lokasi Desa Gondang Baru, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Letak museum benar-benar strategis lantaran ada persis pinggir jalan utama/jalan raya yang menghubungkan kota Yogyakarta dengan Kota Solo. Pendirian Museum Gula Jawa Tengah dilandasi pertimbangan bahwasanya perubahan industri untuk data untuk pengembangan selanjutnya. Ide pertama di munculkan oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah yang saat itu dijabat oleh Ayah Soepardjo Roestam dengan support penuh dari Ayah Ir. Waryatno, direktur utama PTP. XV – XVI (persero).
agro-wisata-Gondang-Wiangoen
Dipandang dari type koleksinya, museum Gula Jawa Tengah termasuk type museum spesial dengan bercirikan tehnologi. Koleksi-koleksinya terbagi dalam peralatan tradisional penanaman tebu bibit tebu, peralatan tradisional pemeliharaan tanaman tebu serta alat-alat, mekanisme atau fabrikasi dari pabrik gula, dan sebagian photo penunjang. Foto-foto penunjang, diantaranya : photo pabrik gula lama, photo upacara giling pertama, tiruan visualisasi area administrasi lama dan sebagainya.

Satu hal lagi yang menarik dari berkunjung ke pabrik gula ini yakni berkunjung ke museum serta dilanjutkan dengan masuk kedalam pabrik. Tetapi perjalanan itu mesti rombongan sedikitnya 8-12 orang. Cost yang dikenakan untuk masuk museum serta pabrik gula Rp. 10. 000 tetapi ada juga paketan dari pabrik gula yakni paket masuk museum, pabrik, serta eco park dengan menaiki lori. Untuk paket yang ini cuma dapat dilakukan minimum 30 orang.
Museum-Gula-Gondang-Winangoen
Berpindah ke Museum Gula Gondang Winangoen gulanya yang disebut satu diantara dari museum gula yang cuma ada 2 didunia (satunya lagi ada di Swiss). Di museum ini kita bisa lihat peta yang tunjukkan lokasi pabrik gula di Jawa Tengah yang masih berjalan hingga saat ini. Lalu kita bisa lihat alat serta mesin yang dipakai dalam pembuatan gula, type – type tebu, hama tebu, penyakit tebu, hingga alat perkantoran seperti mesin ketik.
Satu diantara hal yang menjadi kebanggaan warga Klaten