Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan suatu stasiun kereta api yang saat ini dialih fungsikan jadi suatu museum di Ambarawa, Jawa Tengah yang mempunyai kelengkapan kereta api yang sempat berjaya pada zamannya. Satu diantara kereta api uap dengan lokomotif nomer B 2502 serta B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen, dan B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG hingga saat ini masih bisa menjalankan aktivitas untuk kereta api wisata. Kereta api uap bergerigi ini benar-benar unik serta adalah satu diantara dari tiga yang masih tersisa didunia. Dua di antaranya ada di Swiss serta India. Tak hanya koleksi-koleksi unik tadi, masih bisa disaksikan beragam jenis type lokomotif uap dari seri B, C, D sampai type CC yang terbesar (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik) di halaman museum.

Museum-Kereta-Api-Ambarawa-2

Dari Juni 2013, museum ini ditutup total untuk renovasi besar-besaran, setelah penghentian operasional kereta wisata dari pertengahan 2012. Tak ada info yang pasti dari pihak PT KAI, kapan museum ini di buka kembali.

Museum Kereta Api Ambarawa awalannya adalah suatu kota militer pada saat Pemerintahan Kolonial Belanda. Raja Willem I memerintahkan untuk bangun stasiun kereta api baru yang sangat mungkin pemerintah untuk mengangkut tentaranya ke Semarang. Pada 21 Mei 1873, stasiun kereta api Ambarawa di bangun diatas tanah 127. 500 m². Awal mulanya di kenal untuk Stasiun Willem I. 2

Willem I Stasiun Kereta Api awalnya titik pengangkutan pada 8 ½ 4ft di (1435 mm) cabang rel dari Kedungjati di timur laut serta 3ft 6in (1067 mm) baris rel setelah itu menuju Yogyakarta lewat Magelang dari arah selatan. Hal ini tetap dapat terlihat bahwasanya ke-2 sisinya di bangun stasiun kereta api untuk mengakomodasi ukuran yang tidak sama.

museum ka1

Museum kereta api Ambarawa lalu didirikan pada tanggal 6 Oktober 1976 di Stasiun Ambarawa untuk melestarikan lokomotif uap yang lalu datang ke akhir masa pemakaian kembali ketika 3ft 6in (1067 mm) jalur rel kereta api dari Perusahaan Negara Kereta Api ditutup. Ini adalah museum terbuka yang ada di samping stasiun asli.