Museum Konfrensi Asia Afrika di Bandung

 

Museum Konferensi Asia Afrika Jawa Barat – Adalah salah satu museum yang terdapat di kota Bandung. Berlokasi di Jl.Asia Afrika No.65. Museum ini adalah kenanang-kenangan dari Konferensi Asia Afrika. Museum ini mempunyai hubungan yang sangat lekat dengan Gedung Merdeka. Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama dinamakan Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka ialah Museum Konferensi Asia Afrika sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika.
6
Konferensi Asia Afrika yang diadakan di Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955 mencapai kesuksesan besar, baik dalam mempersatukan sikap dan menyusun pedoman kerja sama di antara bangsa-bangsa Asia Afrika maupun dalam ikut serta membantu terciptanya ketertiban dan perdamaian dunia. Konferensi ini melahirkan Dasa Sila Bandung yang kemudian menjadi pedoman bangsa-bangsa terjajah di dunia dalam perjuangan memperoleh kemerdekaannya dan yang kemudian menjadi prinsip-prinsip dasar dalam usaha memajukan perdamaian dan kerja sama dunia. Kesuksesan konferensi ini tidak hanya tampak pada masa itu, tetapi juga terlihat pada masa sesudahnya, sehingga jiwa dan semangat Konferensi Asia Afrika menjadi salah satu faktor penting yang menentukan jalannya sejarah dunia. Semua itu merupakan prestasi besar yang dicapai oleh bangsa-bangsa Asia Afrika.
5
Untuk mencapai lokasi Museum Konferensi Asia Afrika tidaklah sulit, berikut akses yang dapat ditempuh. Dari Terminal Bus Cicaheum: Ambil bus kota jurusan Cicaheum-Leuwi Panjang. Turun di Halte Bus Asia-Afrika. Jalan kaki sejauh kurang lebih 100 meter ke barat menuju Alun-alun Bandung.  Dari Terminal Bus Leuwi Panjang: Naik bus kota jurusan Cicaheum-Leuwi Panjang. Berhenti di Halte Bus Alun-alun Bandung. Jalan kaki sejauh sekitar 100 meter ke timur menuju Jalan Braga. Dari Stasiun Kereta Api Kebon Kawung Bandung: Naik angkutan kota jurusan St. Hall-Gedebage. Turun di perempatan Jalan Braga-Naripan. Jalan kaki ke arah selatan dengan jarak kurang lebih seratus meter menuju Jalan Braga.