Nasi krawu makanan khas dari Gresik

Nasi krawu adalah makanan khas dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya yaitu nasinya yang pulen serta di sajikan dengan daun pisang. Lauknya bisa berbentuk sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi serta serundeng.

nasi-krawu 5

Di antara ribuan geliat industru besar serta kecil, Gresik menaruh puluhan makanan khas, satu diantaranya bernama Nasi Krawu. Jadi tak komplit jika berkunjung ke Kota Santri -julukan Kota Gresik, tanpa mencicipi makanan yang satu ini. Juga Konsulat Jenderal Amerika Serikat, Mr. Joaquin F. Monseratte menyebutkan enak serta nikmat waktu berkunjung ke Gresik pada September 2012 lalu.

Terdapat beberapa warung yang sediakan menu khas itu. Nyaris di sebagian sudut kota ada warung yang menjual Nasi Krawu. Dari mulai yang sudah populer yakni Buk Su, Buk Tiban, Buk Timan, Buk Sudjiman sampai Buk Mus serta pastinya ada banyak lagi.

Tebaran warung nasi Krawu itu lokasinya dimulai dari emperan toko, tatanan lincak di kampung-kampung seperti yang ada di Jalan Fakih Usman. Juga ada yang nebeng di emperan warung kopi, seperti punya Buk Tiban, tepatnya di Jln KH Abdul Karim depan MINU Terate.

Ada juga yang buka gerai di Perumahan, seperti yang ada di Jalan Tanjung Harapan Perum Gresik Kota Baru (GKB) punya Buk Mus. Juga ada yang buka sampai 24 jam yakni Warung Nasi Krawu Buk Timan, di samping Barat pintu Tol Bunder, Jalan Wahidin Sudirohusodo.

Kesemuanya memiliki pangsa pasar serta pelanggang sendiri-sendiri. Lantaran setiap menu Nasi Krawu senantiasa memiliki kekhasan masing-masing pastinya dengan harga masing-masing yang barangkali tidak terpaut jauh antara satu serta yang lain. Walau demikian sesungguhnya Nasi Krawu memiliki bahan dasar sama.

images

Secara umum, Nasi Krawu adalah makanan yang tediri dari nasi putih dipadukan suwiran daging sapi, ditambah poya warna kuning dan merah serta mangut. Poya warna kuning rasanya manis, tengah poya merah terasanya pedas. Mangut yang di buat parutan kelapa muda digabung dengan kluwuk. Terasa lebih khas saat dilengkapi dengan sambel yang pedas sampai nendang di lidah. Sambel itu terbuat dari petis, terasi serta cabe.