Nasi Timbel (Jawa Barat)

Nasi Timbel Atau dalam Bahasa Sunda yaitu Sangu Timeul yaitu masakan Indonesia Khas Sunda, Jawa Barat, Nasi Timbel sama juga dengan Nasi biasanya, akan tetapi nasi timbel dibungkus dengan daun pisang, serta juga Nasi yang dipakai juga nasi yang Pulen dalam Bahasa Sunda, Umumnya Beras yang digunakan buat Nasi Timbel yaitu jenis Beras Bagolo atau Beras Merah Kombinasi.

Resep-Nasi-Timbel-Komplit

Nasi timbel adalah nasi yang dibungkus memakai daun pisang lalu dikukus kembali sampai panas. Nasi timbel amatlah popular terutama di daerah jawa seperti daerah Sunda serta sekitarnya. Nasi timbel juga memiliki sensasi yang tidak sama saat seorang akan menikmatinya, yakni pada waktu buka bungkus daun pisang yang kemudian mengeluarkan uap panas dari celah-celah nasi. Dan lauk-pauk yang di sajikan juga cukup bermacam dimulai dari daging sapi goreng, daging ayam goreng, tahu serta tempe goreng, lalapan, sambal terasi dan sayur asamnya.
Dalam artikel saat ini akan dijelaskan apa sajakah bahan yang diperlukan dan bagaimana cara membuatnya.

Bahan :
150 gram nasi putih.
125 gram daging sapi (rebus lalu geprek).
1 sisi daging dada ayam (iris jadi 2 sisi).
4 sendok makan air asam jawa.
Minyak goreng (untuk menggoreng).
Beberapa helai daun pisang (untuk membungkus).
Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah.
1/4 sendok makan ketumbar.
1/4 sendok makan jintan.
1/2 sendok makan merica butiran.
1/2 sendok makan garam halus.
Langkah membuatnya :
Pada awalnya ulek semua bahan dari “bumbu yang dihaluskan” sampai halus.
Setelah itu, siapkan baskom kecil lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi berbarengan dengan daging sapi, daging ayam serta air asam jawa. Lalu endapkan sepanjang lebih kurang 1 jam sampai bumbu betul-betul meresap.
Sesudah bumbu di rasa telah meresap, goreng daging sapi serta daging ayam hingga masak lalu angkat serta tiriskan.
Kemudian, siapkan sebagian helai daun pisang lalu bungkus nasi putih tadi kedalam daun pisang sembari nasi ditekan-tekan agar padat serta kukus nasi itu hingga hangat.

img_1131
Paling akhir, hidangkan nasi yang sudah dikukus tadi di atas piring saji berbarengan dengan daging sapi, daging ayam, potongan tahu serta tempe goreng, lalapan, sambal dan sayur asam supaya nasi timbel jadi lebih enak.
Selamat mencoba resep serta langkah membuat nasi timbel enak serta lezat ini, semoga resep ini dapat melengkapi sajian masakan di rumah anda. Terima kasih.