Objek Wisata Pantai Papuma Jember Jawa TImur

Tanjung Papuma adalah satu diantara tempat wisata andalan Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tetapi tahukah anda bahwasanya pada th. 2001 silam. Tempat wisata ini sempat mengalami kerugian sampai mencapai puluhan juta rupiah. Melemahnya manajemen disebabkan perdebatan hak pengelolaan Lokasi Wisata Tanjung Papuma ditengarai jadi pemicunya.
44288939
Tetapi, lain dahulu lain sekarang. Saat ini Tanjung Papuma sudah berbenah diri. Tempat wisata yang mempunyai luas 25 hektar serta dikelilingi hamparan pasir putih sepanjang 1, 5 km. ini sudah seutuhnya ada dalam pengawasan Perum Perhutani Jawa Timur.

Menurut Kamus Besar Bhs Indonesia. Tanjung bermakna tanah (ujung) atau pegunungan yang menganjur ke laut (ke danau). Sedang menurut website Wikipedia. Tanjung yaitu daratan yang menjorok ke laut, atau daratan yang dikelilingi oleh laut di ketiga sisinya. Pantai Tanjung Papuma ini terdapat kurang lebih 37 km. arah selatan dari Kota Jember. Tepatnya di Kecamatan Ambulu serta Kecamatan Wuluhan. Serta berjarak 235 km. dari Kota Surabaya.

Nama Papuma sendiri datang dari akronim “Papu” yang bermakna pasir putih. Serta “Ma” yang datang dari kata Malikan. Dikarenakan Tanjung Papuma ini mempunyai dua sisi pantai di ke-2 sisinya, yakni Pantai Pasir Putih serta Pantai Malikan.

Perjalanan menuju Pantai Tanjung Papuma

Untuk menuju lokasi tempat wisata Pantai Tanjung Papuma, wisatawan dari luar Jawa Timur umumnya lewat Kota Surabaya terlebih dulu. Lalu meneruskan perjalanan menuju Kota Jember memakai angkutan umum. Karena trayek dari Kota Jember menuju Pantai Tanjung Papuma tak terjangkau oleh angkutan umum, maka kita mesti memakai layanan ojek atau menyewa kendaraan sendiri.

Suguhan panorama alam yang benar-benar indah seperti sawah serta perbukitan yang hijau bakal kita temui disepanjang perjalan sampai meraih Pantai Tanjung Papuma. Dari Kota Jember ke Pantai Tanjung Papuma ini sendiri memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.
papuma1

Sebelum saat mencapai Pantai Tanjung Papuma, kita bakal menjumpai suatu tempat wisata bernama Pantai Watu Ulo. Untuk masuk ke tempat wisata ini, kita mesti merogoh kocek sebesar 5000 rupiah perorang, asuransi sebesar 100 rupiah perorang, serta ongkos parkir kendaraan.