Obyek Wisata Air Terjun dan Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun dan Telaga Dwi Warna Sibolangit Sumatera Utara Sibolangit adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia, berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Karo. Obyek wisata ini berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Medan dengan naik  bus. Sibolangit adalah sebuah tempat dengan nuansa pegunungan yang sejuk dan penuh dengan tempat pariwisata yang menarik dan pas untuk travelling. Salah satunya adalah Telaga Dwi Warna yang terletak di dalam hutan Sibolangit. Air terjun ini disebut Dwi Warna karena air terjun ini berada di telaga berwarna biru yang dingin dan tidak jauh dari air terjun yang hangat dan berwarna putih. Jika Anda dari taman wisata Sibolangit dan ingin menuju Telaga Dwi warna ini akan memakan waktu sekitar 3 jam waktu perjalanan dengan berjalan kaki dan menjelajahi hutan. Anda harus bersiap untuk melakukan perjalanan panjang, namun saat anda melihat keindahan panorama alamnya rasa lelah yang ada akan terbayar. Pariwisata ini masih tersembunyi dan jika ingin menuju kesini sebaiknya anda menyewa pemandu agar tidak tersesat di dalam hutan. Tempat ini juga cocok untuk berkemah.
3
Lokasi Air Terjun dan Telaga Dwi Warna Sibolangit ini memiliki tofografi alam yang berbukit-bukit,yang memiliki pemandangan alam yang cukup indah dan berhawa sejuk . Kawasan ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata warga kota medan yang favorit, adapun daerah tujuan wisata tersebut adalah:

  • Pemandian Sembahe
  • Cagar Alam Sibolangit
  • Sibolangit Camping Ground
  • Hill Park Green Hill
  • Air Terjun Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Dua Warna Sibolangit berlokasi di Desa Durin Sirugun, kaki Gunung Sibayak, Sumatera Utara. Dapat ditempuh melalui perjalanan darat, melintasi Bumi Perkemahan Sibolangit. Jarak tempuh dari Medan – Sibolangit sekitar 75km, dan dari Pintu Utama Bumi Perkemahan Sibolangit membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk tiba di Air Terjun Dua Warna.

Dengan berjalan-jalan ke Air Terjun Dua Warna ini, Anda bisa kembali fresh karena panorama hutan dan udaranya yang masih segar. Keadaan yang masih alami itulah yang bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan kesegaran tubuh dari segala kepenatan. Tetapi, di akhir pekan, objek wisata Air Terjun Dua Warna di Sibolangit ini sangat penuh sesak dengan wisatawan lokal. Dianjurkan untuk datang pada hari biasa saja jika Anda akan jalan-jalan ke sana.
4
Saat memasuki Bumi Perkemahan Sibolangit di Desa Bandar Baru, anda bisa menyusuri hutan dengan hiking atau jalan kaki santai selama 3 jam, dan untuk menghindari tersesat, ada baiknya Anda harus dibantu oleh pemandu lokal. Mendaftarlah di pos penjagaan dan melapor akan menuju Air Terjun Dua Warna.

Air Terjun Dua Warna memiliki tinggi 100 meter, bersumber dari Gunung Sibayak, dan air yang turun dari sungai atas akan tertampung ke sebuah danau kecil. Warna air terjun ini yaitu biru muda dan putih keabu-abuan, karena kandungan phospor dan belerang yang akan menghasilkan warha biru muda. Karena mengandung belerang, Anda dilarang meminum air dari Air Terjun Dua Warna.

Yang harus dipersiapkan selama berwisata menuju Air Terjun dan Telaga Dwi Warna Sibolangit antara lain sepatu untuk hiking, air minum dan baju ganti jika Anda ingin mandi selama di Air Terjun Dua Warna. Dianjurkan tidak memakai sendal biasa, apalagi hak tinggi. Air Terjun Dua Warna juga dikenal dengan nama Telaga Biru Sibolangit.